Kapan Waktu Olahraga yang Benar?

sport
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 4 Januari 2018

Kamu udah tahu dong kalau berolahraga sangat baik untuk tubuh kamu. berolahraga bisa memberikan beberapa manfaat seperti menurunkan berat badan, menghilangkan stres, dan mengembalikan stamina tubuh kamu.

Akhir-akhir ini banyak orang yang udah mulai berubah untuk menerapkan pola hidup sehat dengan meluangkan waktu untuk berolahraga. Kamu pun bisa berolahraga dimana saja baik saat di kantor ataupun di rumah.

Tapi, yang masih menjadi pertanyaan adalah kapan waktu olahraga terbaik untuk tubuh kita? Kamu terkadang gak mempunyai waktu untuk berolahraga di pagi hari karena jadwal kamu yang terlalu sibuk. Selain itu, kamu juga udah cukup lelah untuk berolahraga di malam hari. Lalu, apa solusinya?

Baca Juga : Makanan Gula yang Baik dan Gak Baik Dikonsumsi

Pada dasarnya, kamu bebas memilih untuk berolahraga di pagi, siang, sore, atau malam hari. Semuanya bergantung pada jadwal pribadi kamu dan gaya hidup yang kamu tentukan.

Kondisi ini juga berkaitan langsung dengan jam internal tubuh kamu yang mengatur perubahan fisik, mental, dan prilaku kamu selama 24 jam. Jam internal tubuh kamu juga mempengaruhi suhu tubuh, tekanan darah, dan sistem metabolisme tubuh.

Jam internal bisa berubah dipengaruhi faktor lingkungan seperti suhu di dalam ruangan, waktu makan kamu, dan jam kerja kamu. Jadi, kamu harus memahami dulu nih apakah kamu tergolong orang yang bisa berolahraga di pagi, siang, sore, atau malam hari?

Olahraga di Pagi Hari

Kalau kamu tipe orang yang bisa berolahraga di pagi hari, maka kamu tergolong orang yang konsisten pada jadwal keseharian kamu. kamu memilih untuk meluangkan waktu sebentar untuk berolahraga sebelum melakukan aktivitas seharian.

Berolahraga di pagi hari bisa menaikkan suhu tubuh kamu dan menghangatkan otot kamu sehingga kamu lebih bersemangat menjalani rutinitas seharian.

Tapi, ada juga kok yang gak bisa berolahraga di pagi hari karena mereka akan merasakan pusing dan mudah lelah setelah berolahraga. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa cemilan sehat seperti buah-buahan dan yogurt sebelum berolahraga.

Baca juga : Cemilan Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Olahraga di Siang, Sore, atau Malam Hari

Kalau kamu tipe orang yang suka berolahraga di siang, sore, atau malam hari, maka waktu ini adalah saat yang tepat untuk menghilangkan penat sejenak.

Olahraga di waktu tersebut bisa meringankan beban kamu setelah beraktivitas seharian sehingga bisa lebih produktif bekerja atau beraktivitas keesokan harinya.

Selain itu, berolahraga pun bisa lebih bersemangat karena kamu telah menyantap banyak makanan seharian.

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas