Katarak, Penyebab Banyaknya Kebutaan di Indonesia. Seberapa Ngerti sih Kamu tentang Katarak?

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Kamis, 12 Oktober 2017

Kamis Minggu Ke-2 bulan Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia. Kamu uda tahu belum kalau 80% kebutaan di Indonesia disebabkan oleh katarak? Bahkan pemerintah dan berbagai organisasi masyarakat maupun profesi juga sering mengadakan operasi katarak gratis untuk membantu pengobatan katarak sekaligus memberikan edukasi pada masyarakat tentang apa itu katarak. Healthy people sendiri uda tahu belum apa itu katarak?

Katarak biasanya ditandai dengan area putih di lensa mata yang bisa menghalangi masuknya cahaya ke retina. Area putih tersebut emang gak sakit tapi bisa menyebabkan penglihatan kamu terganggu. Retina adalah lapisan saraf yang letaknya di bagian belakang mata kamu. Salah satu fungsi retina adalah mendeteksi cahaya yang masuk ke mata dan mengirimkan sinyal ke otak tentang apa yang kamu lihat. Jadi, terbayang dong kalau ada yang menghalangi cahaya masuk ke retina, jadinya retina gak bisa mengirimkan sinyal ke otak kamu.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan katarak seperti :

  • Usia

  • Paparan sinar matahari

  • Cedera pada mata dan penyakit pada mata

  • Konsumsi obat-obat tertentu

  • Diabetes

Tapi, terkadang ada kasus anak terlahir dengan katarak.

Kamu gak mau kan mata kamu katarak? Jadinya, kamu harus tahu dulu beberapa gejala katarak, seperti :

  • Penglihatan kamu bisa kabur atau berkabut

  • Kamu bisa mengalami silau saat kamu melihat lampu atau sinar matahari sehingga terkadang kamu jadi sulit untuk mengemudi di malam hari

  • Penglihatan ganda di satu mata bisa kamu alami

Saat kamu mulai khawatir apakah kamu terserang katarak atau gak, kamu harus segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan sesegera mungkin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan beberapa pertanyaan tentang riwayat kesehatan kamu untuk tahu apakah kamu terserang katarak atau gak. Pengobatannya adalah dengan operasi. Tapi, operasi itu pilihan pribadi kamu. Kamu boleh memilih untuk operasi atau gak.

Sampai saat ini, belum ada pencegahan khusus untuk menghindari katarak. Tapi, kamu bisa melakukan beberapa cara yang dipercaya bisa mengurangi resiko katarak seperti menghindari kebiasaan merokok, memakai kacamata hitam saat di luar ruangan untuk menghindari paparan sinar matahari, dan menerapkan pola hidup sehat.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas