Keluargaku Terkena Kanker, Mungkinkah Aku Tertular?

lifestyle
Oleh Tim HaiDokter - Kamis, 18 Agustus 2016

Istilah “Penyakit Warisan” mungkin sudah lama dan sering kamu denger HealhtyPeople. Artinya ada suatu penyakit yang diwariskan dari anggota keluarga secara turun temurun. Gak mudah memang kalau ternyata kamu termasuk dalam keluarga yang punya riwayat penyakit serius. Misalnya aja kanker, lebih spesifiknya kanker payudara. Kalau kamu punya nenek, ibu, atau kakak yang pernah terkena kanker payudara, maka gak nutup kemungkinan kamu juga punya risiko yang sama. 

Itulah penting banget buat mengumpulkan daftar riwayat keluarga yang punya penyakit berisiko menular secara genetik. Seperti yang dikutip Vemale dari www.everydayhealth.com kalo mengumpulan informasi penyakit yang bersangkutan dengan sejarah penyakit dalam keluarga bisa memberikan kamu kewaspadaan dan kesadaran buat lebih jaga kesehatan. Menurut penelitian sementara 90 persen kasus tidak diwariskan. Hanya 5-10 persen kanker payudara disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan dari satu ibu atau ayah. Mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 adalah yang paling sering. Perempuan dengan mutasi ini memiliki risiko terkena kanker payudara sampai 80 persen. Meningkatnya risiko kanker ovarium juga dikaitan dengan mutasi gen ini.

Lalu, Apakah Gen Mutasi Kanker itu Faktor Dominan? 

Enggak juga, karena ada juga wanita yang punya risiko tinggi kena kanker payudara karena punya riwayat keluarga kanker payudara tapi malah gak menderita kanker payudara. Beberapa penyakit warisan memang gak cuma disebabkan gen tunggal kok, faktor gaya hidup yang kurang sehat salah satunya. Setidaknya, kalau kamu tahu kalau ternyata kamu termasuk ke dalam orang yang berisiko kena penyakit warisan sejak awal, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter cara mencegah sejak dini.

Kembali ke Atas