Kenali Gejala dan Efek Negatif Bulimia

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Minggu, 19 November 2017

Bulimia adalah gangguan makan yang harus dikenali gejalanya mulai sekarang. Saat ini, sebagian besar orang hanya tahu kalau orang yang menderita bulimia hanya memuntahkan makanan mereka. Faktanya, bukan itu saja. Orang yang menderita bulimia akan mengonsumsi makanan lebih banyak dibandingkan orang lain dan mereka kaan melakukan berbagai cara untuk membuang makanan tersebut dari tubuh mereka seperti memuntahkannya kembali, berolahraga ekstrim, dan mengonsumsi obat-obatan untuk mengeluarkan makanan tersebut. Perlu diingat juga kalau bulimia berbeda dengan anoreksia ataupun gangguan makan lainnya. Penderita anoreksia hanya mengonsumsi sedikit makanan untuk menjadi kurus, sedangkan penderita bulimia mungkin saja terlihat mempunyai bentuk tubuh yang normal tapi mereka akan melakukan segalam cara untuk mengeluarkan makanan  dari tubuhnya.

Mulai sekarang, kita harus mengubah mindset kita tentang body goals. Body goals bukan lagi tentang badan kurus, tapi bodygoals adalah badan sehat. Orang yang menderita bulimia berlikir kalau berat badan dan bentuk tubuh ideal adalah prioritas utama. Jadi, mereka biasanya akan melakukan diet ketat. Tanpa mereka sadari, diet ketat membuat mereka mudah lapar dan menyantap makanan apa saja di depan mereka. Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa bersalah karena telah menyantap banyak makanan, orang yang menderita bulimia akan melakukan berbagai cara untuk mengeluarkan makanan tersebut dari tubuh mereka.

Bulimia bisa menyebabkan efek negatif pada orang tersebut seperti menyebabkan kerusakan gigi, penyakit gusi, pengeroposan email gigi, kerusakan ginjal, penyakit jantung, dan kematian. Jadi, penderita bulimia harus segera dibawa ke dokter atau psikolog untuk mendapatkan pengobatan.

Ada beberapa penyebab bulimia, seperti :

  • Faktor keluarga contohnya penderita bulimia mempunyai riwayat keluarga yang mengalami gangguan makan juga atau menderita obesitas

  • Faktor sosial seperti pekerjaan yang menuntut penderita bulimia untuk mempunyai ukuran tubuh kurus

Semua orang bisa mengalami bulimia tapi bulimia sering menyerang remaja dan perempuan. Kalau bulimia menyerang sejak remaja, biasanya akan berlanjut sampai dewasa. Ada beberapa gejala yang bisa kamu amati pada penderita bulimia, seperti :

  • Mengonsumsi makanan lebih banyak daripada orang lain dalam waktu yang singkat misalnya kurun waktu kurang dari 2 jam

  • Mengonsumsi obat-obatan untuk mengeluarkan makanan

  • Memuntahkan makanan mereka yang biasanya ditandai dengan selalu pergi ke kamar mandi setelah makan

  • Berolahraga keras dalam waktu yang lama untuk membakar makanan dalam tubuh mereka

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

 

Kembali ke Atas