Kenali Posisi Tidur yang Benar dan yang Harus Dihindari

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Jumat, 11 Agustus 2017


Pernahkan kamu bangun tidur dan merasakan sakit di tubuh? Mungkin saja hal itu disebabkan posisi tidur kamu yang salah selama ini. Posisi tidur yang salah juga bisa menyebabkan kamu sulit tidur. Steven park, MD, penulis buku Sleep, Interrupted dan asisten Profesor Otolaringologi di New York Medical College, New York mengatakan posisi tidur mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan Healthy people. Dia juga mengakatan beberapa penyakit seperti sleep apnea, sakit kepala, maag, dan nyeri punggung bisa disebabkan cara tidur yang salah.

 

Lalu Bagaimana Posisi Tidur yang Benar?

 

Terlentang

Posisi terlentang akan mencegah sakit leher, punggung, mengurangi resiko penyakit asam lambung, mencegah keriput, dan menjaga payudara agar tetap kencang. Hal ini diperkuat dengan pendapat Eric Olson, MD, seorang dokter spesialis tidur medis di Mayo Clinic, Rochester yang mengatakan jika kamu tidur dengan kepala diangkat dan perut kamu berada di bawah kerongkongan maka makanan gak akan naik kembali. Namun, saat kamu tidur terlentang, kamu akan mudah mendengkur. Perlu diperhatikan juga bantal yang digunakan saat tidur terlentang. Jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi karena bisa menyebabkan sakit kepala dan leher.

 

Menghadap Kiri atau Kanan

Kamu boleh memilih untuk tidur menghadap kiri atau kanan. Posisi tidur ini bisa mencegah sakit leher dan punggung, mengurangi resiko penyakit asam lambung, gak akan mendengkur, dan cocok untuk ibu hamil. Tetapi, payudara kamu gak akan kencang dan menyebabkan kerutan pada kulit wajah.


 

Adakah posisi tidur yang harus dihindari?

 

Tengkurap

Posisi tengkurap memang gak akan membuat kamu mendengkur, tetapi posisi ini menyebabkan beberapa dampak buruk pada kesehatan. Kamu juga akan mudah sakit leher dan punggung, munculnya keriput pada wajah, dan payudara gak kencang lagi. Posisi tidur tengkurap memberikan tekanan pada sendi dan otot kamu yang bisa menganggu sistem saraf bekerja sehingga menyebabkan rasa sakit dan kesemutan

 

Meringkuk

Posisi tidur yang mirip bayi dalam kandungan ini memang baik untuk mengurangi mendengkur dan cocok untuk ibu hamil. Namun, perlu diperhatikan juga dampak buruk untuk kesehatanmu. Kamu akan mudah sakit leher dan punggung dan sistem pernafasan menjadi terganggu karena posisi meringkuk membatasi pernafasan diafragma, seperti yang dijalskan Dody Chang, seorang ahli akupuntur di Irvington, New York.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas