Kenapa Aku Selalu Lapar?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Rabu, 11 Oktober 2017

Pernah gak sih kamu uda makan tapi kamu masih merasa lapar? Rasanya nih kamu selalu ingin nyemil setiap saat. Setiap ngelihat makanan di depan mata, kamu selalu ingin menyantapnya padahal kamu uda makan lebih dari 3 kali. Hal tersebut ada alasannya. Yuk, intip alasan alasan kenapa kamu selalu merasa lapar.

Kamu sedang stres

Tahu gak sih kalau kamu stres dalam waktu yang cukup lama, hormon kortisol kamu meningkat. Hormon inilah yang buat kamu selalu lapar dan ingin melahap semua makanan di hadapanmu. Tapi, kalau kamu uda gak stres lagi, nafsu makan kamu pun bisa kembali normal.

Dehidrasi

Pernah gak sih kamu merasa lapar terus tapi kamu baru saja selesai makan atau nyemil? Hati-hati loh bisa saja itu tanda kamu sedang dehidrasi, bukan lagi lapar. Jadi, coba deh kamu minum dulu. Setelah minum, coba deh rasakan lagi apakah kamu masih lapar atau gak.

Gula darah kamu rendah

Hipoglikemia adalah keadaan dimana kadar gula dalam darah kamu rendah jadi kamu mudah lemas dan lelah. Hal itu bisa disebabkan kamu uda gak makan dalam waktu yang lama. Jadi, kamu harus segera makan khususnya makanan yang mengandung karbohidrat untuk mengembalikan energi kamu dan kamu pun gak akan lapar lagi.

Menderita diabetes

Keadaan selalu lapar bisa jadi gejala diabetes atau biasa disebut Polyphagia, keadaan kelaparan ekstrim. Tubuh kamu sulit untuk mengubah makanan menjadi energi jadi kamu selalu merasa lapar dan lemas. Kalau kamu mudah lapar, berat badan kamu menurun drastis, sering kencing, dan mudah lelah, coba deh kamu temui dokter karena bisa saja kamu sedang terserang diabetes.

Kamu makan terlalu cepat

Kalau kamu terbiasa makan dengan cepat dan terburu-buru, coba deh mulai sekarang secara perlahan. Nikmati makanan kamu, ambil gigitan kecil, lalu kunyak dengan baik. Makan secara perlahan juga membuat kamu makan lebih sedikit dari biasanya. Gak percaya? Dicoba yuk Healthy people.

Kurang tidur

Kurang tidur bisa membuat kamu merasa lapar terus, loh karena keseimbangan hormon leptin dan ghrelin dalam tubuh kamu terganggu. Keadaan tersebut juga membuat kamu ingin nyemil lebih banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

 

Kembali ke Atas