Kenapa Bisa Tersedak?

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 9 Januari 2018

Hai Healthy People, kalau lagi makan jangan sambil bicara atau bercanda ya, karena bisa bikin kamu tersedak sehingga menyumbat saluran nafas kamu dan mengakibatkan hal buruk terjadi pada diri kamu. Makanya, kali ini haiDokter mau kasih informasi ke kamu mengenai “tersedak”:

1. Tersedak bisa diakibatkan oleh nyangkutnya makanan dan benda lainnya ditenggorokan, jatuhnya lidah pada penderita benturan atau luka pada kepala, gangguan saraf dan kegemukan, serta karena pembengkakan pada saluran nafas seperti ketika alergi, terkena luka bakar, menghirup uap panas, benturan atau luka pada leher, dan lainnya.

2. Tersedak lebih sering dialami oleh anak yang belum bisa mengontrol refleks menelannya, manula atau orang yang sudah hilang kontrol menelannya, orang yang sesak napas, kejang, dan tidak sadar yang diberi makan atau minum, dan kamu yang makan sambil bicara atau bercanda.

Baca juga : Pertolongan Pertama Asma

3. Seseorang yang tersedak biasanya mendadak memegang leher, mata melotot, wajah kemerahan dan kelamaan menghitam, napas tersengal-sengal/susah napas, batuk- batuk, kemudian lemas, dan bisa berakhir tidak sadar serta kematian.

4. Jika kamu menemui orang tersedak/tersumbat jalan napasnya, segera teriak minta tolong pada orang sekitar atau hubungi petugas kesehatan atau Rumah Sakit terdekat, selanjutnya lakukan pertolongan pertama pada mereka yang tersedak.

5. Pertolongan pertama pada anak diatas satu tahun atau pada orang dewasa dimulai dengan berdiri di belakang orang tersebut kemudian lingkarkan kedua lengan kamu ke pinggang korban, sedikit bungkukan korban ke depan, Ialu kepalkan salah satu tangan kamu di bagian atas pusar perut korban, genggam erat kepalan itu dan tekan kuat ke arah perut atas dengan cepat seperti gerakan seolah mengangkatnya dari Iantai. Biasanya sumbatan akan terlempar keluar dan langsung bawa korban ke Rumah Sakit terdekat ya!

Baca juga : Mengapa Bayi Terlahir Prematur

6. Pada bayi yang tersedak atau anak di bawah satu tahun, letakan kepala mereka Iebih rendah dari dada, topang kepala dan Iehernya. Lalu tepuk punggung atasnya 5 kali dan tekan 5 kali di bagian dada, tepat di tengah di bawah garis puting. Ulangi tindakan ini hingga benda yang tertelan itu keluar atau hingga anak menangis.

Nah HealthyPeople, jaga diri kamu, teman kamu, dan keluarga kamu dari tersedak yaa. Jangan lupa segera berikan pertolongan pertama apabila menemui orang yang tersedak.

Kembali ke Atas