Kenapa Bisa Terserang Asam Urat?

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Jumat, 29 Sepember 2017

Pernah gak sih kamu terserang penyakit asam urat? Penyakit asam urat umumnya menyerang pria dan mereka yang berusia di atas 30 tahun. Penyakit asam urat ditandai dengan gejala nyeri, bengkak, atau rasa panas pada persendian. Umumnya, asam urat menyerat jari kaki khususnya jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Penyakit asam urat disebabkan terlalu banyak zat asam urat dalam darah kamu. Kadar asam urat yang tinggi biasanya disebabkan makanan yang kamu konsumsi seperti jeroan atau hidangan laut. Jika kadar asam urat dalam darah kamu terlalu tinggi, maka asam urat akan membentuk kristal keras yang menusuk persendian kamu sehingga menyebabkan rasa nyeri pada persendian. Namun, beberapa orang memiliki kadar asam urat tinggi gak terserang penyakit asam urat. Kamu yang sering mengonsumsi alkhohol, obesitas atau memiliki kelebihan berat badan, gemar mengonsumsi makanan yang mengandung zat kimia yang disebut purin seperti jeroan, dan sedang mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan seperti diuretics lebih rentan untuk terserang penyakit asam urat.

Gejala yang paling umum menyerang kamu adalah pembengkakan sendi khususnya di malam hari, rasa nyeri yang gak tertahan, dan rasa panas pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, dan lutut. Gejala tersebut akan menyerang selama beberapa hari atau minggu sebelum rasa sakitnya hilang. Bahkan ada beberapa orang yang terserang penyakit asam urat selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Oleh karena itu, kamu harus segera menemui dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk mengukur kadar asam urat dalam darah kamu atau mengambil sampel cairan dari sendi kamu untuk menemukan kristal asam urat. Selanjutnya, dokter biasanya akan memberikan suntikan steroid untuk mengurangi rasa nyeri pada persendian dan beberapa resep obat untuk dikonsumsi dalam beberapa hari. Kamu harus segera menemui dokter lagi jika penyakit asam urat kamu belum sembuh setelah kamu mengonsumsi obat-obatan tersebut. Perlu diperhatikan juga, jangan mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter seperti obat jenis aspirin. Obat tersebut bisa menaikkan kadar asam urat dalam darahmu dan memperburuk keadaan kamu.

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas