Kenapa Jarang Berhubungan Seksual?

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 6 Februari 2018

Berhubungan seksual adalah salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga. Perlu diingat ya kalau kamu hanya boleh berhubungan seksual dengan pasangan yang sah saja.

Berhubungan seksual mempunyai beberapa manfaat buat kesehatan kamu seperti kamu bisa tidur lebih nyenyak dan mencegah rasa nyeri saat menstruasi. Namun, ada beberapa faktor yang bisa membuat kamu jarang berhubungan seksual dengan pasangan kamu.

Hubungan Gak Harmonis

Setiap pasangan pasti mempunyai masalah yang bisa membuat hubungan mereka menjadi gak harmonis. Kondisi tersebut bisa membuat kamu jarang berhubungan seksual dengan pasangan.

Cara terbaik adalah mulai bicara dengan pasanganmu untuk mendapatkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah. Kalau kamu terus membiarkan masalah tersebut ada, maka kondisi tersebut bisa mengancam hubunganmu dan pasangan sekaligus memberikan efek negatif pada kesehatan kamu.

Baca juga : 4 Manfaat Hubungan Seksual

Terlalu Lelah

Aktivitas di luar rumah seperti bekerja dan akvitas fisik bisa menyebabkan tubuh kamu terlalu lelah. Kondisi tersebut bisa menyebabkan kamu gak bersemangat lagi untuk berhubungan seksual bersama pasangan.

Kelelahan fisik bisa mempengaruhi kondisi mental kamu sehingga kamu merasa lelah juga untuk berhubungan seksual. Kalau kamu tipe orang yang mempunyai aktivitas yang padat, kamu sebaiknya mulai mengatur jadwal dengan baik sehingga gak mempengaruhi hubungan kamu bersama pasangan.

Kadar Hormon Estrogen yang Mulai Menurun

Perempuan yang memasuki usia 40 tahun mengalami penurunan kadar hormon estrogen. Kondisi tersebut bisa membuat perempuan mempunyai libido yang rendah juga. Kadar hormon estrogen yang rendah juga bisa menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seksual.

Kalau kamu udah mengalami kondisi tersebut, kamu sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan terapi atau suplemen untuk meningkatkan gairah seksual kamu lagi.

Bosan dengan “Rutinitas” yang Sama

“Rutinitas” hubungan seksual yang selalu sama bisa membuat pasangan kamu bosan. Kondisi tersebut bisa membuat pasangan kamu kurang bergairah untuk berhubungan seksual lagi. Cobalah “rutinitas” yang baru seperti merubah posisi saat berhubungan seksual.

Mengonsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat-obatan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi, serangan jantung, atau pil anti depresi bisa menurunkan gairah seksual. 

Baca juga : 7 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kamu harus segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan cara yang tepat untuk bisa tetap mengonsumsi obat-obatan tanpa harus mengorbankan hubunganmu dan pasangan.

Mengonsumsi Alkhohol

Mengonsumsi alkhohol sebelum berhubungan seksual bisa mengurangi gairah seksual seorang perempuan dan menyebabkan ejakulasi dini dan disfungsi seksual buat pria. Alkhohol juga bisa merubah mood secara drastis saat berhubungan seksual.

 

 

 

Sumber : www.everydayhealth.com

 

Kembali ke Atas