Kenapa Menggendong Bayi di Sebelah Kiri?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Rabu, 9 Agustus 2017

Coba deh Healthy People perhatikan orang-orang di sekitar kamu saat menggendong bayi, mereka selalu menggendong di sebelah kiri. Tanpa kamu sadari, kamu juga selalu menggendong bayi di sebelah kiri. Sebuah penelitian seperti dilansir kidspot.com.au mengungkapkan bahwa 70 sampai 85% perempuan menggendong bayi di sebelah kiri. Menggendong bayi di sebelah kiri bukanlah fenomena umum biasa yang hanya terjadi begitu saja tanpa alasan karena fenomena tersebut bisa dijelaskan secara kesehatan loh, Healthy people. Fenomena menggendong bayi di sebelah kiri berhubungan dengan cara kerja otak manusia? Seperti Healthy People ketahui bahwa organ tubuh sebelah kirimu dipengaruhi oleh sisi kanan otak kamu, dan sebaliknya. Kondisi tersebut juga biasa disebut lateralisation yaitu kondisi dimana hubungan antara satu sisi tubuh manusia dan sisi berlawanan otak. Sisi kiri otak umumnya digunakan untuk memproses apa yang kita dengar dan melakukan penghitungan. Sedangkan sisi kanan otak digunakan untuk mengenal wajah dan respon-respon emosional yang dikirim lingkungan sekitar dan mendengarkan musik atau segala sesuatu yang berhubungan dengan seni.

Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi?

  1. Saat bayi digendong di sebelah kiri, otak sebelah kanan ibu akan aktif dan membantu mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi.

  2. Saat kamu menggendong bayi, kamu pun selalu mengajak bayi untuk berkomunikasi. Hal tersebut berhubungan dengan sisi kiri otak bayi yang berperan untuk memproses apa yang bayi lihat dan dengar. Sehingga, bayi  akan lebih mudah menafsirkan isyarat fisik dan emosional yang disampaikan ibu. Hal ini juga bisa membantu bayi untuk lebih responsif terhadap lingkungan sekitar dan berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan emosional bayi.

  3. Menggendong bayi di sebelah kiri juga bisa membantu ibu untuk mengoptimalkan dan memantau prilaku bayi seperti menangis, tertawa, ataupun menguap. Prilaku bayi tersebut lebih mudah disampaikan ke sisi kanan otak ibu yang memproses respon-respon emosional yang dikirim lingkungan sekitar.

 

 

 

 

 

sumber : www.dailymail.co.uk, www.kidspot.com.au

Kembali ke Atas