Kenapa Rambutmu Rontok?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 25 Juli 2017

Rambut rontok bisa menjadi masalah bagi Healthy people karena rambut kamu bisa menjadi tipis sehingga kamu gak bisa percaya diri lagi. Rambut rontok bisa disebabkan beberapa faktor, gak hanya karena stres. Yuk simak beberapa faktor yang bisa menyebabkan rambutmu rontok.

Gen

Rambut rontok bisa disebabkan faktor genetika misalnya ayah atau ibu Healthy people sering mengalami kerontokan pada rambutnya. Oleh karena itu, secara langsung rambut kamu pun bisa rontok. Istilah medis untuk kasus seperti ini disebut androgenetic alopecia. Lalu bagaimana gen menyebabkan kerontokan pada rambut?

Dalam kasus rambut rontok, gen menyebabkan folikel rambut yang berperan dalam pertumbuhan rambut kamu semakin menyusut. Jika folikel rambut menyusut, maka rambut kamu semakin menipis atau gak tumbuh sama sekali.

Penyakit

Beberapa jenis penyakit seperti penyakit tiroid, termasuk hipotiroidisme dan hipertiroidisme, penyakit autoimun, dan kanker bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Stres

Stres baik stres mental maupun stres fisik seperti sakit, demam tinggi, ataupun baru menjalankan operasi, juga bisa menjadi faktor penyebab kerontokan pada rambut kamu.

Usia

Seiring bertambahnya usia, rambut kamu semakin mudah patah. Selain itu, folikel rambut juga tumbuh lebih sedikit dibandingkan saat kamu berusia muda.

Perawatan rambut

Penggunaan produk shampoo atau perawatan rambut yang salah bisa menyebabkan kerusakan pada rambut sehingga rambut kamu rontok. Sehingga, kamu harus lebih hati-hati dalam memilih produk shampoo atau perawatan rambut.

Lalu bisakah rambut rontok diobati?

Jika penyebab rambut rontokmu adalah faktor genetika, maka kemungkinan rambut kamu tumbuh secara alami sangat kecil. Kamu harus melakukan perawatan rambut dan pengobatan khusus untuk menumbuhkan rambut kamu kembali dan mencegah kerontokan rambut yang lebih banyak lagi. Namun, perlu diperhatikan jika pengobatan dan perawatan rambut tersebut gak bisa bekerja secara maksimal pada beberapa orang. Kamu harus konsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.

Jika penyebab rambut rontokmu adalah penggunan obat-obatan dan stres, maka pengobatannya sangat mudah. Rambut kamu akan tumbuh kembali secara normal jika kamu telah berhenti mengonsumsi obat-obatan dan gak stres lagi.

Jika kamu salah menggunakan produk shampoo atau perawatan rambut, maka rambut kamu biasanya akan tumbuh kembali saat kamu berhenti menggunakan produk yang gak sesuai dengan jenis kulit kepalamu. Sehingga kamu sebaiknya mengenali jenis kulit kepalamu terlebih dahulu sebelum memilih produk.

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas