Kenapa Sering Kencing di Malam Hari?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 16 Agustus 2017

Jika Healthy people selalu terbangun beberapa kali di malam hari hanya untuk kencing, maka kamu mungkin saja menderita nokturia. Nokturia adalah keadaan dimana kamu sering buang air kecil di malam hari lebih dari sekali selama 6-8 jam. Nokturia bisa disebabkan banyak faktor. Penderita nokturia ada yang membutuhkan perawatan medis atau hanya bisa diobati dengan cara sendiri.

Apa Penyebab Nokturia?

Faktor penyebabnya ada yang bisa disembuhkan dengan cara sendiri dan ada pula yang harus konsultasi pada dokter.

  • Faktor penyebab yang biasa terjadi adalah tubuh kamu memproduksi banyak urin atau kandung kemih kamu gak bisa lagi menahan urin di dalamnya. Produksi urin yang berlebihan bisa disebabkan kamu minum terlalu banyak sebelum tidur bahkan waktunya sangat dekat sebelum kamu tidur. Kamu bisa mulai mengurangi minum beberapa jam sebelum tidur sehingga tubuh kamu gak akan memproduksi urin berlebih. Kamu juga harus menghindari minum alkhohol atau minuman berkafein di siang hari. Yang terpenting adalah kamu harus kencing terlebih dahulu sebelum tidur.

  • Faktor lainnya adalah Infeksi Saluran Kencing. Infeksi ini biasanya ditandai dengan gejala kamu merasa sakit saat kencing, perut kamu terasa sakit, dan demam. Jika kamu mempunyai gejala-gejala tersebut, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan mendiagnosis terlebih dahulu sebelum memberikan pengobatan lebih lanjut.

  • Usia juga bisa menjadi penyebab kenapa kamu sering kencing di malam hari. Seperti dilansir webmd.com, semakin tua kamu maka semakin besar pula kemungkinan untuk kamu kencing di malam hari. Seiring bertambahnya usia, tubuh kamu memproduksi sedikit hormon yang bisa memberikan respon pada ginjal untuk mengurangi bekerja saat kamu tidur. Akibatnya, ginjal kamu pun masih bekerja walaupun kamu telah tidur. Selain itu, kandung kemih kamu pun gak bisa membesar lagi sehingga gak bisa menampung terlalu banyak urin.

  • Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat kamu kencing di malam hari. Jadi, kamu harus pastikan terlebih dahulu efek samping dari obat yang akan kamu konsumsi.

  • Depresi juga bisa menyebabkan kamu kencing di malam hari. Sehingga, sebaiknya kamu mengurangi stres dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat kamu senang.

  • Obesitas, sehingga kamu harus mulai melakukan diet dan penurunan berat badan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Jika kamu telah melakukan cara-cara seperti yang dijelaskan di atas, namun kamu juga sering kencing di malam hari maka kamu harus segera menemui dokter. Kencing di malam hari juga bisa disebabkan penyakit serius, diantaranya :

  • Tumor kandung kemih

  • Tumor prostat

  • Diabetes

  • Gagal hati

  • Penyakit neurologi seperti Alzheimer dan Parkinson

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas