Ketahui 4 Teknik Melahirkan Seorang Ibu

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Yusri Dinuth - Rabu, 22 November 2017

Menjadi seorang ibu memang menjadi hal yang diinginkan setiap perempuan. Tapi, terkadang perempuan masih takut ketika mendengar istilah melahirkan karena para calon ibu membayangkan rasa sakit saat melahirkan. Selain itu, kita mungkin masih belum tahu kalau ada beberapa teknik melahirkan selain melahirkan normal dan operasi caesar. Singkatnya, seorang ibu rela menahan rasa sakit saat melahirkan demi kebahagiaan menyambut buah hati. Nah...Healthy people perlu tahu nih teknik-teknik melahirkan selain proses persalinan normal dan operasi caesar, yaitu :

Baca : Mengenal Persalinan Caesar

Lamaze

Lamaze adalah salah satu teknik melahirkan yang populer di Amerika Serikat. Teknik lamaze mengajarkan para ibu untuk menangani rasa sakit dan kontraksi sekaligus mengajarkan posisi terbaik untuk melahirkan dan cara mengendalikan rasa sakit. Teknik ini fokus pada apa yang terjadi saat proses persalinan adalah sesuatu yang alami dan terjadi secara normal. Kamu bisa mempelajari teknik lamaze di kelas ibu hamil bersama pasangan kamu, teman, atau kerabat kamu yang akan menemani kamu saat proses persalinan karena kamu akan berlatih cara berkomunikasi satu sama lain.

Bradley

Teknik Bradley adalah teknik melahirkan yang melibatkan ayah bayi atau suami kamu untuk membantu kamu selama proses persalinan. Selain itu, teknik ini juga melibatkan suami untuk membantu calon ibu sebelum persalinan yang berupa cara membantu berolahraga dan mengawasi pola makan sehat. Bradley mengajarkan bagaimana cara menghindari proses persalinan caesar dan episiotomi sekaligus mempelajari tentang obat-obatan dan prosedur medis selama proses persalinan. Episiotomi adalah sesuatu yang menakutkan bagi ibu hamil yaitu berupa luka antara Mrs. V dan anus.

Hypnobirth

Sebagian besar perempuan mungkin merasakan gugup dan takut menghadapi proses persalinan. Teknik hypnobirth menggunakan cara relaksasi yang mengajarkan cara menghilangkan rasa takut, cemas, dan gugup saat proses persalinan sekaligus membantu menciptakan suasana yang nyaman saat melahirkan. Selain itu, para calon ibu juga diajarkan bagaimana cara mengendalikan tubuh mereka sendiri saat proses persalinan.

Water Birth

Water birth adalah proses persalinan dalam air setinggi 18 inch. Teknik ini bisa membantu kamu merasa lebih tenang dan mengurangi rasa sakit sehinnga kamu mungkin gak butuh obat penghilang rasa sakit saat proses persalinan. Tapi, beberapa dokter masih ragu karena masih sedikit penelitian kesehatan yang menunjukkan apakah water birth aman atau gak karena para dokter dan ahli kesehatan kahwatir terjadi infeksi jika airnya gak bersih.

Video : Kata Ibu, Selamat Datang Nak.......

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

 

Kembali ke Atas