Ketahui 5 Fakta dan Mitos Masturbasi

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 7 November 2017

Apa sih yang kamu pikirkan saat mendengar kata masturbasi? Eits....jangan berpikir jorok dulu, ya Healthy people. Faktanya, masturbasi itu normal kok, sama halnya kayak kamu kencing dan bernafas. Beberapa orang mungkin masih menganggap negatif masturbasi karena mereka percaya beberapa mitos tentang masturbasi. Jadi, kamu harus tahu dulu nih mana yang fakta dan mitos tentang masturbasi.

  • Mitos Pertama

Mitos pertama adalah hanya orang yang sudah menikah yang bisa mengalami masturbasi. Oops...ternyata mitos itu salah loh Healthy people. Faktanya, masturbasi itu bisa dialami siapa saja, baik kamu yang udah menikah atau masih single

  • Mitos Kedua

Mitos kedua adalah masturbasi tergolong kondisi gak normal dari perkembangan seksual seseorang. Faktanya, masturbasi itu kondisi yang normal kok. haMenurut Dr. Marie Shuey, Ph.D, seorang ahli seksologi di Philadelphia menyebutkan kalau setiap orang adalah makhluk sosial sejak lahir sampai mati. Semua orang yang sehat dari segala usia pasti melakukan masturbasi. Sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Pediatrics tahun 2011 menunjukkan kalau 74% anak laki-laki dan lebih dari 48% anak perempuan melakukan masturbasi.

  • Mitos Ketiga

Mitos ketiga adalah masturbasi gak memberikan efek positif pada kesehatan kamu. Faktanya, masturbasi malah memberikan beberapa manfaat kesehatan, loh. Beberapa manfaat kesehatan diantaranya kamu bisa tidur lebih nyenyak, berkurangnya stres, meredakan sakit kepala, kamu bisa lebih konsentrasi, dan tampak lebih muda. Buat perempuan lanjut usia, masturbasi bisa mengurangi rasa nyeri saat berhubungan seksual.

  • Mitos Keempat

Mitos keempat adalah masturbasi gak boleh dilakukan oleh anak kecil. Faktanya, masturbasi normal untuk dilakukan oleh semua orang pada usia berapapun. Anak-anak pun bisa melakukan masturbasi asalkan masih dalam pengawasan orang tua. Orang tua harus memberikan informasi tentang masturbasi pada anak-anak sekaligus himbauan kalau masturbasi hanya bisa dilakukan diri sendiri, bukan dilakukan oleh orang lain. Oleh karena itu, keluarga harus memberikan informasi tentang perkembangan seksual sejak dini pada anak-anak jadi mereka gak akan salah mengartikannya.

  • Mitos Kelima

Mitos kelima adalah masturbasi bisa menyebabkan kebutaan. Oops...kamu jangan percaya mitos ini juga ya Healthy people. Faktanya, masturbasi masih dalam tahap aman untuk dilakukan. Banyak orang mungkin percaya masturbasi itu berbahaya karena mereka juga percaya tentang mitos kalau seks bisa menyebabkan gila, tuberculosis, dan kematian.  

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

 

Kembali ke Atas