Konsumsi Makanan Berikut Ini Demi Kesehatan Matamu

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 16 Juni 2017

Di era digital seperti sekarang ini, kesehatan mata menjadi salah satu prioritas utama, karena hampir setiap hari kamu sulit menghindari kegiatan yang menggunakan mata seperti memandang layar laptop dan handphone dalam waktu lama. Selain itu, aktivitasmu di luar rumah menyebabkan matamu terkena debu dan polusi yang dapat membuat mata kamu kering. Jadi, kamu harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan matamu. Kamu dapat menemukan makanan-makanan tersebut di sekitarmu. Simak 5 sumber makanan yang berfungsi menjagak kesehatan mata:

Wortel

Wortel dan sayuran berwarna oranye lainnya sangat baik untuk kesehatan mata mu. Warna oranye pada wortel dan sayuran yang mengandung beta-karoten, sejenis vitamin A, yang sangat baik untuk kesehatan retina matamu.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin, sejenis antioksidan yang berfungsi mencegah penyakit katarak. Bagi Healthy People yang gak suka mengonsumsi sayuran, yuk mulai sekarang biasakan mengonsumsi sayuran hijau demi kesehatan matamu.

Telur

Seperti yang dilansir oleh health.com, Paul Dougherty, seorang Direktur Medis Dougherty Laser Vision di Los Angeles mengaktakan bahwa kuning telur adalah sumber makanan utama penghasil lutein dan zeaxanthin yang dapat mencegah resiko degenerasi makula mata.

Citrus dan Buah Berry

Citrus adalah buah sejenis jeruk yang mudah kamu dapatkan. Buah Berry pun kamu bsa dapatkan dimana saja. Buah tersebut menghasilkan vitamin C yang dapat mengurangi degenerasi makula mata dan resiko terserang penyakit katarak.

Kacang Almond

Selain bermanfaat untuk kecantikan, kacang almond juga mengandung vitamin E yang berfungsi untuk mengurangi degenerasi makula mata.

Ikan

Hampir semua orang menyukai ikan. Bagi kamu yang gemar mengonsumsi ikan, maka kamu telah selangkah lebih maju dalam menjaga kesehatan matamu. Ada beberapa jenis ikan yang kaya akan DHA, yang dapat mengobati mata kering akibat debu, polisi, atau terlalu sering menatap layar laptop dan handphone. Contoh ikan yang bisa kamu konsumsi adalah tuna, salmon, ikan teri, dan makarel.

 

Kembali ke Atas