Kopi Vs Teh. Mana Yang Lebih Baik?

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 15 Agustus 2016

HealthyPeople, apakah kamu seorang morning coffe atau morning tea? Kebiasaan minum kopi atau teh bagi sebagian orang adalah aktivitas wajib sebelum memulai hari. Tapi, belakangan ini banyak sekali beredar informasi yang membandingkan khasiat teh dan kopi buat kesehatan. Ada yang ngerasa teh lebih menyehatkan, tapi ada juga yang beranggapan kalau kopi bisa nambah energi buat aktivitas.

Pada dasarnya, kopi dan teh punya kandungan yang berbeda. Kedua minuman ini menawarkan manfaat dan keunggulan masing-masing. Jadi, pilihan yang paling baik di antara keduanya ya dibalikin lagi sama selera dan tujuan konsumsinya.

  1. Membuat (terjaga/sadar/semangat..silahkan pilih kata yang tepat)

Kopi dan teh adalah minuman yang sama-sama mengandung kafein. Kafein adalah senyawa yang bisa ningkatin detak jantung dan tekanan darah kamu, jadinya kamu merasa lebih (terjaga/sadar/semangat..silahkan pilih kata yang tepat). Tapi, yang ngebedain tuh cuma kadar kafein antara teh dan kopi. Kadar kafein dalam 200 ml kopi sebanyak 95 mg, sedangkan dalam 200 ml teh hanya mengandung 14-16 mg kafein. Jadi kopi lebih bisa membuat kamu merasa bersemangat, namun hindari kopi bila kamu memiliki darah tinggi.

  1. Menyehatkan

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan Archives of Internal Medicine menyatakan kalo seseorang yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, 30% lebih bisa berisiko kena diabetes type 2. Penelitian lain ngejelasin kalo orang yang minum tiga gelas kopi sehari bisa nurunin risiko kena penyakit kanker kulit.

Tapi, manfaat kesehatan dari teh hijau juga gak kalah populer. Kandungan antioksidan pada teh hijau bisa ngebantu ningkatin sistem kekebalan tubuh dan nurunin risiko penyakit prostat pada laki-laki.

Jadi kopi dan teh itu banyak manfaatnya untuk kesehatan, tapi jangan ditambah gula atau pemanis lainnya yaa.

  1. Buat diet

Kabar baiknya, kafein udah kebukti sedikit ngurangin nafsu makan. Tapi minum teh hijau setiap hari juga bisa mengecilkan perut kamu 3,4 cm dalam 12 minggu, menurut American Journal of Clinical Nutrution. Jadi kalau kamu mau turunin berat badan, teh lebih manjur. 

  1. Bikin badan berotot

Kalo teh udah lebih kebukti turunin berat badan, maka kopi adalah minuman paling efektif buat ngebentuk otot kamu. Karena ternyata kadar kafein kopi yang lebih tinggi bikin efek stimulansi massa otot makin kuat. Menurut penelitian, seorang laki-laki yang minum 2,5 cangkir kopi sebelum olahraga, maka dia sanggup sprint atau lari cepat 9% lebih jauh.

  1. Memperbaiki mood

Kopi lebih sering bikin jantung berdebar-debar, dibanding dengan teh yang kadar kafeinnya lebih rendah. Jadinya teh lebih cocok buat ngeredain ketegangan pada urat saraf. Menurut European Journal of Applied Physiology, beberapa jenis teh seperti teh melati dan lavender bisa ngeredain stress dari aroma yang dihirup.

Jadi, kamu lebih suka yang mana HealhtyPeople?

Kembali ke Atas