‘Krak’! Pertolongan Pertama Pada Patah Tulang?

first aid
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 15 Agustus 2016

HealthyPeople, kecelakaan atau cedera olahraga yang kamu alami itu berisiko buat patah tulang lho. Beberapa kasus, patah tulang gak disadari oleh korbannya karena awalnya cuma memar, nyeri, atau bengkak. tapi ada juga kasus patah tulang yang berat, kayak keluarnya tulang dari luka yang kebuka. Nah biar kasus patah tulang ini gak makin parah, kamu bisa lakuin pertolongan ini:

  1. Anjurin korban buat nopang bagian yang cedera. Kamu bisa bantu nopang pake tangan kamu atau jika gak memungkinkan bisa ditopang pake tumpukan kain atau selimut. Ini bertujuan buat ngurangi rasa sakit dan mencegah kerusakan yang makin parah.

  2. Segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat biar kasus segera ditangani. Jangan lupa buat terus menopang bagian yang cedera.

  3. Jangan coba buat bikin gerakan dari bagian yang cedera. Hal ini buat ngehindari risiko dislokasi dan makin parahnya kasus patah tulang.

Kalo semua terlihat normal dan cuma memar atau nyeri, tetep bawa ke rumah sakit supaya segera dilakukan foto rontgen. Karena dengan nyepelein cedera ini, bisa berakibat kasus yang lebih parah lho.

Kembali ke Atas