Lakukan Ini Saat Terkena Luka Bakar

first aid
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 18 November 2016

Banyak aktivitas sehari-hari yang bisa membuat kamu mengalami luka bakar. Luka bakar bukan saja luka karena terkena terbakar api, namun juga luka yang terjadi ketika kamu terkena benda panas seperti setrika, panci, knalpot, air panas dan benda panas lainnya, yang segera mengakibatkan kerusakan pada kulit kamu. Apabila kamu mengalami hal tersebut, pastikan kamu melakukan hal yang tepat supaya luka kamu cepat mengalami kesembuhan dan tidak menjadi semakin parah.

1. Segera dinginkan bagian tubuh kamu yang terbakar dengan air dingin yang mengalir minimal selama 10 menit


Mendinginkan bagian tubuh kamu yang terbakar akan mengurangi rasa sakit,  pembengkakan dan risiko meluasnya perlukaan. Dampak cedera pada luka bakar kamu akan semakin sedikit apabila kamu secepatnya mendinginkan dan melakukan pendinginan cukup lama.


2  Balut luka kamu secara longgar dengan menggunakan plastik bersih seperti penutup makanan atau kantong plastik yang bersih jika luka bakar kamu membutuhkan perawatan medis lanjutan


Plastik membantu untuk mencegah infeksi dengan menjaga area yang terbakar tetap bersih dan mengurangi rasa sakit dengan menghalangi kontak langsung antar permukaan kulit dengan udara. Plastik adalah penutup yang baik karena tidak akan lengket pada luka bakar.

3. Hubungi dokter kamu untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

Apabila seorang anak mengalami luka bakar, terdapat luka bakar yang melepuh, yang terjadi pada Iebih dari satu bagian tubuh, dengan sebelumnya membungkus tangan, kaki, bahu, wajah, atau jaringan bawah kulit yang terlihat di area yang terkena luka bakar maka segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat atau layanan gawat darurat.

Perlu untuk HealthyPeople ketahui, pertolongan pertama akan sangat membantu penderita luka bakar. Untuk itu, ada yang harus diperhatikan saat menolong korban luka bakar. Ini yang sebaiknya dihindari:

  • Jangan pernah menaruh mentega atau krim pada luka bakar karena mentega gak akan mendinginkan luka bakar dan akan mempertahankan panas, yang ada malah menyebabkan kerusakan yang lebih berat pada kulit.
  • Jangan gunakan es batu saat mendinginkan, karena dapat merusak kulit dan jaringannya.
  • Jangan gunakan perban atau sejenisnya karena akan lengket pada kulit dan dapat mengakibatkan luka yang lebih parah.
  • Jangan coba untuk melepaskan apapun yang lengket pada luka yang terbakar karena dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih berat, tapi lepaskan pakaian atau perhiasan yang ada di dekat bagian yang terbakar.
Kembali ke Atas