Lari Bisa Meningkatkan Harapan Hidup

sport
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Sabtu, 20 Januari 2018

Lari mulai digemari banyak orang terutama para millenials. Lari juga mulai menjadi olahraga favorit sehingga mulai muncul nih komunitas-komunitas lari di Indonesia.

Selain itu, udah mulai banyak juga acara lari seperti lari marathon yang baru saja diselenggarakan di Jakarta. Lari maraton memang aktivitas yang melelahkan bagi sebagian besar orang terutama para pelari pemula. Para pelari yang ikut kegiatan lari maraton biasanya merasakan nyeri di bagian punggung bawah dan lutut.

Tapi, tahukah healthy people kalau berlari bisa memberikan efek positif buat kesehatan kamu?

Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat berlari adalah berat badan kamu menjadi lebih stabil. Manfaat ini cocok banget nih buat kamu yang lagi program diet atau menurunkan berat badan.

Manfaat selanjutnya adalah berlari bisa meningkatkan angka harapan hidup kamu karena berlari bisa membantu kamu terhindar dari beberapa penyakit seperti diabetes, osteoartritis, dan penyakit-penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, dan lainnya.

Baca juga : Berhenti Lari Lebh Berbahaya Dibandingkan Berhenti Jogging

Buat kamu yang masih ragu untuk mulai olahraga lari karena takut cidera di bagian sendi, jangan takut lagi ya Healthy People. Dr. Reed Ferber dari Running Injury Clinic di Kanada seperti dilansir mims.com mengatakan kalau berlari bukan aktivitas yang buruk untuk persendian kamu terutama di bagian pergelangan kaki, lutut, ataupun sendi panggul.

World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan untuk mulai membiasakan diri melakukan aktivitas fisik dengan intensitas berat seperti belari selama 75 menit setiap minggu. Buat kamu yang masih pelari pemula, kamu bisa mulai dengan aktivitas fisik dengan intensitas sedang seperti berjalan cepat selama 150 menit setiap minggu.

Manfaat berlari lainnya adalah pelari mempunyai resiko lebih rendah untuk meninggal prematur, yaitu meninggal lebih muda dibandingkan rata-rata usia meninggal. Sebuah penelitian kesehatan seperti dilansir mims.com menyebutkan kalau pelari mempunyai resiko 30% lebih rendah meninggal prematur dibandingkan non-pelari.

Selain itu, berlari juga baik nih untuk kesehatan mental kamu karena berlari juga bisa merangsang tubuh kamu untuk memproduksi hormon endorfin yang bisa menciptakan perasaan bahagia.

Baca juga : Alkhohol Bisa Membuat Pelari Dehidrasi

Berlari adalah olahraga murah yang bisa kamu lakukan setiap saat di waktu kosong tanpa perlu mempersiapkan alat olahraga apapun.

Sebelum berlari, kamu sebaiknya melakukan peregangan otot terlebih dulu untuk menghindari resiko cidera. Buat kamu yang mempunyai riwayat penyakit serius, kamu juga sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dulu.

 

\

 

 

 

 

 

sumber : today.mims.com

Kembali ke Atas