Liga Medika 2017, Where Great Minds Synapse Together

event highlight
Oleh Tim HaiDokter - Jumat, 5 Mei 2017

"Pikun, bukan sesuatu yang boleh kita anggap ringan. Pikun sebenarnya merupakan salah satu tanda dari penyakit Alzheimer." Ini kutipan yang di ambil dari film Color Me Purple : A Story about Pia & Mia.  Bentuk kampanye dari Liga Medika 2017, untuk mengajak Healthy People supaya meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya menjaga kesehatan syaraf otak kita dari kelainan Neurodegeneratif, suatu kondisi sel syaraf manusia yang mengalami penurunan fungsi sehingga muncul suatu gangguan atau penyakit.  

Melanjutkan dari tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengadakan acara Liga Medika untuk yang ke 13 kalinya pada 22-29 April 2017 lalu. Sebuah kompetisi untuk fakultas kedokteran dan kedokteran gigi, yang membawa lebih dari 1000 peserta dari Indonesia, sampai negara-negara di Asia Pasific seperti Australia, Malaysia, Singapore, Brunei Darussalam, Taiwan, Thailand dan Jepang. Kompetisinya meliputi Sport competition, Art competition, International Biomedical congress dam ditutup oleh sebuah "Charity Concert".  

Mengapa bertema Neurodegenerative?

Masih muda bukan berari gak peduli. Resiko penyakit ini bisa menyerang siapa saja dan meningkat seiring pertambahan usia. Salah satu penyakitnya adalah Parkinson's, Alzheimer;s, Huntington's , Motor neuron disease , dsb. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksikan kalau penyakit ini akan menjadi penyebab kematian terbanyak ke-2 pada tahun 2040, mengalahkan penyakit kanker!.  Berdasarkan Profil Kesehatan Indonesia yang di rilis tahun 2014, jumlah orang tua di Indonesia terus bertambah. Dan setelah tahun 2030, jumlah usia tua akan melebihi usia muda. Itulah mengapa, ini menjadi salah satu tugas pelajar ilmu kedokteran untuk menyebarkan informasi tentang penyakit ini, melalui cara yang "fun". 

 

sumber: ligamedika.com

Kembali ke Atas