Makanan Sehat Buat Tetap Segar dan Awet Muda

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 1 November 2017

Siapapun pasti gak mau menua lebih cepat. Saat kamu beranjak tua, tubuh kamu pun ikut menua. Dari segi fisik, tubuh kamu berubah seperti muncul keriput. Tapi, tanpa kamu sadari, cara kerja tubuh kamu pun berubah saat kamu beranjak tua. Sistem pencernaan kamu gak mungkin sebaik saat kamu masih muda. Bahkan, kamu pun bisa sulit mengunyah atau kamu menjadi pemilih saat ingin makan. Bener gak sih? Kalau kamu belum beranjak tua, coba deh kamu amati kakek nenek kamu, uda terlihat belum tanda-tanda itu?

Saat kamu beranjak tua, bukan berarti kamu gak bisa menerapkan pola hidup sehat lagi. Olahraga juga masih sangat penting untuk dilakukan, loh walaupun hanya gerakan-gerakan kecil. Nah, ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi nih di usia yang beranjak tua khususnya manula, apa saja sih?

Air putih

source : media.allure.com

Air putih memang bukan makanan, tapi bukan berarti kamu gak perlu air putih kan? Air putih sangat penting untuk tubuh kamu, Healthy people. Saat kamu dehidrasi, kamu jadi lebih mudah terserang peenyakit kronis. Selain itu, kamu jadi mudah lelah dan sulit untuk fokus saat melakukan aktivitas.

Blueberry

source : http://blueberrypatch.org

Selain rasanya yang enak, blueberry juga mengandung antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E yang bisa mengurangi resiko kerusakan sel.

Makanan Berserat

source : www.bodybuilding.com

Makanan berserat seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan, dan kacang-kacangan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan kamu. Hal tersebut bisa mengurangi resiko sembelit yang biasa menyerang kamu yang beranjak tua. Selain itu, makanan berserat juga bisa menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan menyehatkan jantung. Yuk, biasakan mengonsumsi makanan berserat sejak dini.

Salmon

source : www.seriouseats.com

Siapa sih yang gak tahu salmon? Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Coba deh kamu konsumsi setidaknya dua porsi salmon dalam seminggu. Kamu juga bisa menghidangkan salmon buat kakek nenek kamu.

Minyak zaitun

source : buckspizza.com

Minyak zaitun bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh kamu.

Tomat

source : /www.floridatomatoes.org

Tomat bisa melindungi tubuh kamu dari kanker prostat dan kanker paru-paru.

Nah, masih gak mau hidup sehat dari sekarang? Gak mau dong kalau uda tua, kamu jadi mudah terserang penyakit. Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang.

 

Sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas