Manfaat Kesehatan Kalau Kamu Konsumsi Jambu Merah

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 3 November 2017

Siapa sih yang gak tau jambu biji? Guava atau juga dikenal dengan sebutan jambu biji merah adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Tengah. Jambu biji merah dipercaya bisa digunakan sebagai obat demam berdarah karena jambu biji merah kaya akan antioksidan, vitamin C, potassium, dan serat. Kandungan nutrisi tersebut bukan hanya bisa mengobati penyakit demam berdarah tapi juga bermanfaat buat kesehatan healthy people juga. Apa saja?

Menurunkan kadar gula darah

Kamu bukan hanya bisa mengonsumsi buah jambu bijinya saja, tapi kamu juga bisa mengonsumsi daunnya. Tapi, jangan berpikir kalau kamu harus memetik daun jambu biji dan langsung dimakan ya. Kamu harus mengonsumsinya sebagai teh. Sebuah penelitian kesehatan seperti dilansir healthline.com menyebutkan kalau kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 lebih rendah dibanding tidak mengkonsumsi apabila mengonsumsi teh daun jambu biji setelah makan.

Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar antioksidan dan vitamin C dalam jambu biji merah dipercaya bisa melindungi jantung kamu dari kerusakan akibat radikal bebas. Beberapa peneliti kesehatan juga percaya mengonsumsi jambu biji bisa menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (Kolesterol baik).

Melancarkan sistem pencernaan

Nah...manfaat selanjutnya adalah melancarkan sistem pencernaan kamu. Uda tau dong kalau jambu biji merah kaya akan serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan kamu sekaligus mencegah sembelit. Satu jambu biji merah bisa memenuhi 12% asupan serat harian kamu loh Healthy people.

Diet

Jambu biji merah gak akan menyebabkan berat badan kamu naik. Jadi, sebanyak apapun jambu biji merah yang kamu makan, kamu masih bisa kurus kok. Satu jambu biji hanya mengandung 37 kalori. Selain berkalori, kamu juga akan mendapatkan asupan serat dari satu buah jambu biji. Masih gak mau makan jambu biji nih?

Mencegah kanker

Seperti dijelaskan sebelumnya kalau jambu biji kaya akan antiokstidan. Para peneliti kesehatan percaya kalau antioksidan yang tinggi bisa mencegah radikal bebas yang meningkatkan risiko terkena kanker.

Kesehatan kulit

Antioksidan yang tinggi juga bisa menjaga kesehatan kulit kamu sekaligus melindungi kulit kamu dari kerusakan, penuaan dini, dan mencegah keriput.

Yuk, biasakan mengonsumsi buah setiap hari terutama jambu biji merah.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.healthline.com

Kembali ke Atas