Manfaat Sunat Buat Kesehatan

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 26 Februari 2018

“Apakah kamu udah sunat?”

Sunat dilakukan karena alasan agama dan budaya tertentu. Seiring berkembangnya jaman, sunat mulai dianjurkan untuk dilakukan karena alasan kesehatan. Beberapa pria mungkin masih merasa takut dan ragu untuk melakukannya karena beberapa alasan. Para orang tua juga sering mengalami kesulitan membujuk anaknya untuk melakukan sunat.

Buat kamu yang masih ragu untuk melakukan sunat, kamu sebaiknya segera melakukannya karena sunat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kamu. Kalau kamu juga takut melakukan sunat karena takut mempengaruhi hubungan seksual kamu bersama pasangan, perlu diperhatikan kalau sunat gak akan mempengaruhi kesuburan kamu ataupun mengurangi kenikmatan saat berhubungan seksual dengan pasangan.

Sunat bisa mengurangi resiko infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih yanga gak segera mendapatkan pengobatan bisa beresiko menjadi penyakit gangguan ginjal. Kalau kamu udah sunat, maka kamu mempunyai resiko lebih kecil untuk terserang infeksi tersebut.

Manfaat lainnya kalau kamu udah sunat adalah kamu mempunyai resiko lebih kecil untuk terserang infeksi menular seksual seperti herpes dan sifilis. Walaupun kamu udah sunat, kamu masih tetap beresiko selama kamu masih melakukan hubungan seksual yang gak sehat dan selalu berganti-ganti pasangan.

Baca juga : Area Mr.P Bau? Lakukan Perawatan Ini!

Sunat juga bisa mencegah fimosis. Fimosis adalah kondisi dimana kulup Mr.P kamu susah untuk ditarik karena kamu belum sunat. Kondisi ini bisa menyebabkan Mr.P terasa nyeri dan membuat kau sulit untuk kencing karena menahan sakit.

Manfaat selanjutnya adalah mengurangi resiko kanker dan tertular kanker serviks saat berhubungan seksual dengan pasangan. Pria yang gak disunat mempunyai resiko lebih tinggi buat terinfeksi kanker serviks saat berhubungan seksual khususnya kamu yang suka berganti-ganti pasangan. Selain itu, sunat juga melindungi kamu dari resiko tertular HIV dari pasangan kamu.

Walaupun sunat memang cenderung aman dan nyaris tanpa resiko, kamu harus segera konsultasi ke dokter kalau kamu mengalami hal-hal seperti di bawah ini :

  • Pendarahan terus menerus setelah sunat

  • Keluar cairan bernanah

  • Timbul bau busuk dari Mr.P

  • Demam tinggi

  • Mr.P masih bengkak setelah proses sunat

Baca juga : Perubahan Mr.P Seiring Bertambahnya Usia


 

 

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas