Matamu Merah dan Penglihatan Kabur? Awas Itu Gejala Glaukoma

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Kamis, 12 Oktober 2017

Kamu sering tersandung ketika berjalan? Atau kamu mengalami mata merah dan penglihatan kabur secara mendadak. Bisa jadi kamu terserang glaukoma. Uda tau belum apa itu glaukoma?

Glaukoma adalah penyakit yang merusak saraf optik mata kamu dimana keadaan tersebut bisa semakin memburuk bahkan bisa menyebabkan kamu gak bisa melihat lagi loh secara permanen kalau kamu gak segera melakukan pengobatan. Glaukoma disebabkan adanya tekanan cairan yang tinggi di dalam mata kamu. Hal ini terjadi kalau cairan di bagian depan mata kamu gak bisa bersirkulasi dengan baik. Cairan yang disebut Aqueous Humor biasanya mengalir keluar dari mata kamu melalui saluran yang berbentuk seperti jaring. Tapi, kalau saluran itu tersumbat, maka cairan tersebut akan menumpuk dan menyebabkan glaukoma. Sumbatan pada saluran keluar Aqueous Humor dan produksi Aqueous Humor kamu berlebih dapat menyebabkan kamu mengalami Glaukoma.

Glaukoma ada dua jenis, apa saja?

  • Glaukoma sudut terbuka yang paling umum menyerang. Dokter juga sering menyebut glaukoma sudut lebar.

  • Glaukoma sudut tertutup yang biasanya sering menyerang orang-orang Asia

Glaukoma juga terbagi menjadi akut dan kronis. Glaukoma kronis biasanya tanpa gejala karena sering gak menimbulkan rasa sakit, mual atau muntah. Namun kerusakan yang ditimbulkan membuat kamu secara gak sadar mengalami penyempitan lapang pandang, sehingga sering tersandung atau terbentur. Pada Glaukoma akut, gejala sering muncul secara mendadak seperti penglihatan kabur, mual atau muntah, sakit mata, sakit kepala, dan mata merah. Wah...bahaya juga ya Healthy people

Glaukoma biasanya menyerang beberapa orang, seperti :

  • Kamu yang berusia di atas 40 tahun

  • Kamu mempunyai riwayat keluarga yang terserang glaukoma

  • Keturunan Afrika-Amerika, Irlandia, Rusia, Jepang, atau Skandivania

  • Penderita diabetes

  • Menggunakan steroid atau obat-obatan dengan dosis dan indikasi yang tidak tepat, seringkali akibat tidak berkonsultasi dahulu kepada dokter.

Bisakah glaukoma diobati?

Pertama, dokter mata harus melakukan diagnosa, biasanya dengan cara membuka pupil, menguji penglihatan dan mata kamu termasuk saraf optik mata, serta melakukan tes khusus yang disebut tonometri untuk memeriksa mata kamu. Dokter akan menyarankan beberapa jenis pengobatan sesuai dengan kondisi mata kamu, yaitu dengan menggunakan obat tetes mata, operasi laser, atau bedah mikro.

Adanya glaukoma yang menyebabkan kebutaan, terutama glaukoma kronis yang secara perlahan membutakan sampai kondisi mata menjadi rusak tanpa kamu sadari, menunjukkan pentingnya kamu untuk memeriksa kesehatan mata kamu ke dokter.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas