Memelihara Kucing Saat Hamil Bisa Toksoplasmosis, Bener gak sih?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 13 Oktober 2017

Buat para calon ibu, hamil adalah masa yang paling bahagia. Kamu akan selalu memberikan asupan nutrisi terbaik untuk perkembangan janin. Tapi, ada beberapa mitos nih yang mengatakan kalau memelihara kucing berbahaya untuk perkembangan janin. Bener gak sih?

Sebelum kamu dapat jawaban tentang boleh atau gak memelihara kucing, kamu harus tahu dulu apa itu Toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah infeksi dari parasit Toxoplasma Gondii. Parasit itu bisa menginfeksi plasenta dan bayi kamu sehingga bisa menyebabkan bayi terlahir meninggal dunia, bayi terlahir cacat, atau kerusakan struktural dan nerologis lainnya pada si bayi seperti kerusakan mata dan otak. Tapi, kalau sistem kekebalan tubuh kamu baik, maka kamu gak perlu khawatir.

Kalau kamu terinfeksi Toksoplasmosis di trimester pertama, resiko bayi terinfeksi hanya sekitar 15 persen. Kalau kamu terinfeksi di trimester kedua, resiko bayi terinfeksi meningkat menjadi 30 persen. Tapi, kalau kamu terinfeksi di trimester ketika, resikonya semakin meningkat menjadi 60 persen.
Infeksi toksoplasmosis disebabkan beberapa faktor, seperti :

  • Kamu mengonsumsi daging mentah atau kurang matang

  • Air yang telah terkontaminasi

  • Kotoran kucing

Setelah kamu paham tentang Toksoplasmosis, kamu gak perlu khawatir untuk memelihara kucing. Gak masalah kok memelihara kucing saat kamu hamil, asalkan kamu tetap berhati-hati dan gak melakukan kontak langsung dengan kotorannya. Jadi, gimana cara menghindari infeksi?

  • Kalau kamu terbiasa membersihkan kotoran kucing sendiri, kamu harus meminta orang lain untuk melakukannya selama kamu hamil.

  • Kalau kamu memang harus membersihkan kotoran kucing, selalu gunakan sarung tangan dan cuci bersih tangan kamu.

  • Agar kucing kamu gak terinfeksi Parasit Toksoplasmosis, hindari memberi makan daging mentah atau kurang matang

  • Jauhkan kucing dari meja makan agar makanan kamu gak terkontaminasi parasit

  • Walaupun gak ada parasit di bulu kucing, tapi menghindari menyentuh kucing selama masa kehamilan bisa jadi salah satu solusi. Hal itu disebabkan kamu gak pernah tahu seberapa bersih kucing kamu, apakah ada kotoran yang menempel di bulunya. Kalau kamu uda terlanjur menyentuh kucing, selalu cuci bersih tangan kamu menggunakan sabun.

Selain berasal dari kucing, kamu juga bisa terkena Toksoplasma dari makan daging mentah atau tidak dimasak sempurna seperti sate dan steak, susu mentah, menggunakan peralatan makanan yang terkontaminasi, makan sayur dan buah yang belum dicuci, dan juga bisa tertular karena menerima donor darah atau donor organ dari orang yang terinfeksi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.babycenter.com

Kembali ke Atas