Mengenal Endometriosis yang Diderita Zaskia Sungkar

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Selasa, 5 Desember 2017

Artis Zaskia Sungkar baru saja menjalani operasi Endometriosis di Kualalumpur, Malaysia. Dia berbagi informasi tersebut melalui foto dalam akun instagramnya. Sebenarnya, apa itu endometriosis?

Endometriosis adalah masalah kesehatan yang sering dialami perempuan yang menyerang jaringan endometrium atau jaringan yang melapisi rahim kamu.

Setiap bulan, perempuan melepaskan hormon yang menyebabkan penebalan endometrium. Kondisi endometriosis disebabkan jaringan endometrium tumbuh di tempat yang gak seharusnya seperti di ovarium, tuba falopi, dinding luar rahim, usus, atau organ lainnya di sekitar perut yang bisa menyebabkan darah menstruasi gak bisa mengalir keluar dari tubuh kamu dan bisa menyebabkan terbentuknya kista. Kista bisa menyebabkan perempuan sulit untuk hamil.

Ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan resiko kamu terserang endometriosis, seperti :

  • Kamu mempunyai ibu atau saudara perempuan yang menderita endometriosis.

  • Siklus menstruasi kurang dari 28 hari

  • Menstruasi lebih dari 17 hari

  • Kamu mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun

Para pakar kesehatan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk tahu penyebab endometriosis. Tapi, beberapa kemungkinan bisa menjadi faktor penyebab endometriosis seperti kadar estrogen yang tinggi.

Gejala paling umum yang bisa kamu rasakan saat terserang endometriosis seperti :

  • Rasa sakit di daerah perut bagian bawah, rektum, atau punggung bawah selama mensturasi. Beberapa perempuan juga menderita sakit saat berhubungan seksual ataupun buang air besar. Jadi, kalau kamu merasakan nyeri saat menstruasi dan mengganggu aktivitas kamu, sebaiknya kamu segera konsultas ke dokter untuk mendapatkan pengobatan sedini mungkin.

  • Sulit hamil. Kalau kamu udah menikah selama bertahun-tahun tapi masih belum hamil, kamu sebaiknya segera konsultas ke dokter untuk tahu penyebabnya.

Beberapa perempuan mungkin gak sadar kalau mereka telah terserang endometriosis sampai mereka konsultasi ke dokter karena mereka sulit hamil. Jadi, sekecil apapun gejalanya, kamu harus siaga dan segera konsultasi ke dokter sebelum terlambat. Kamu bisa mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi dan memperlambat pertumbuhan endometriosis dan operasi.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas