Mengenal Hernia atau Turun Berok

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 2 Januari 2018

Beberapa orang mungkin masih belum paham dengan istilah hernia karena hernia lebih dikenal dengan sebutan Turun Berok khususnya di jakarta.

Turun Berok ditandai dengan keluarnya organ dari tempat dimana dia seharusnya berada melalui celah yang gak normal. Hernia yang biasa terjadi adalah hernia di lipat paha (Hernia Inguinalis).

Turun Berok bisa menyerang siapa saja dari bayi, anak-anak, orang dewasa, dan orang lanjut usia. Istilah yang dipakai pun berbeda. Hernia Heriditer adalah hernia yang menyerang bayi dan anak-anak, sedangkan hernia acquired adalah hernia yang menyerang orang dewasa dan orang lanjut usia.

 
  • Rasa erat di lipatan paha yang biasanya dirasakan saat adanya tekanan dari perut seperti saat mengedan, batuk, atau mengangkat barang yang berat

  • Munculnya tonjolan di lipatan paha saat adanya tekanan dari perut kamu, tapi tonjolan tersebut bsia hilang saat tekanan hilang.

Tonjolan ini pun bisa keluar dan masuk atau hilang dan muncul yang biasa disebut reponibilis. Tonjolan tersebut terkadang gak bisa masuk lagi loh yang baisa disebut irreponibilis dan terkadang disertai rasa sakit atau disebut strangulata.

Pengobatan

Pengobatan untuk turun berok berupa terapi. Terapi yang dilakukan adalah operasi yang bertujuan untuk mengembalikan organ yang keluar dan menutup celah.

Baca juga : Kenali Operasi Lasik Mata

Tindakan operasi yang dilakukan berdasarkan jenis hernia yang menyerang. Operasi pada hernia reponibilis bisa dilakukan secara berencana, operasi pada hernia irreponibilis harus secepatnya dilakukan, dan operasi pada hernia strangulata harus sesegera mungkin dilakukan dengan tujuan menyelamatkan bagian yang terjepit serta menghindari resiko pemotongan atau penyambungan usus.

Operasinya pun ada dua jenis yaitu operasi secara terbuka dan secara minimal invasive surgery. Kamu gak perlu bingung perbedaan dua jenis operasi itu karena keduanya sama-sama memakai mesin graft yang berupa bahan sintetis yang gak menimbulkan reaksi alergi di tubuh kamu.

Operasi umumnya berlangsung sekitar satu jam dan pasien pun bisa pulang dan beraktivitas normal lagi 2 hari setelah operasi.

Jadi, biar gak terlambat menangani hernia, kamu sebaiknya rutin memeriksakan kesehatan ke dokter untuk tahu penyakit yang kamu derita dan diagnosa yang tepat untuk hernia yang kamu derita.

Baca juga : Mengenal Operasi Caesar


 

Sumber : Health First Vol 8 October – December 2009

Kembali ke Atas