Mengenal Operasi Caesar, Cocok Banget buat Bunda yang Mau Melahirkan

sex education
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Sabtu, 7 Oktober 2017


Healthy people, mungkin kamu atau ibu kamu memilih untuk melahirkan secara caesar. Operasi caesar berarti mengeluarkan bayi melalui sayatan dari perut sang ibu. Banyak hal yang harus kamu ketahui didalam operasi Caesar:

1.     Operasi Caesar menjadi pilihan karena berbagai keadaan yang membuat ibu gak bisa melahirkan normal. Keadaan tersebut bisa disebabkan ukuran bayi terlalu besar sementara panggul sang ibu kecil, bayi menderita kelainan, posisi kepala janin menyulitkan proses kelahiran, ibu memiliki penyakit jantung atau kondisi medis lain yang berisiko memburuk akibat tekanan saat melahirkan, penurunan suplai darah ke plasenta sebelum kelahiran, plasenta menghalangi leher rahim, luka terbuka yang disebabkan infeksi herpes genital yang aktif, sang ibu terinfeksi virus HIV, terdapat lebih dari satu janin dan kondisi kehamilan yang kompleks misalnya posisi janin yang kurang ideal atau kembar siam.

2.     Operasi Caesar berisiko. Meskipun operasi Caesar sangat aman dan sangat menolong tapi operasi caesar berisiko dan berpotensi menyebabkan komplikasi, baik pada ibu mau pun bayinya, berupa rasa sakit setelah operasi, infeksi, pembekuan darah di kaki atau paru-paru, kehilangan banyak darah, efek setelah anestetis yaitu mual, muntah, dan sakit kepala, terbentuknya jaringan ikat atau adhesi, timbulnya luka bekas sayatan, cidera pada saraf atau organ lain, kematian, Plasenta previa, dan bekas jahitan robek saat kehamilan berikutnya.

3.     Pemulihan yang lebih lama. Pada persalinan normal, kamu hanya butuh satu sampai dua hari rawat inap dan pemulihan akan sangat cepat. Namun, pada operasi caesar, biasanya seorang ibu akan menjalani perawatan selama tiga hari di rumah sakit. Sementara masa pemulihan total biasanya memakan waktu empat hingga enam minggu.

 

Jadi Healthy People, persalinan apapun yang dialami seorang ibu itu gak mudah dan gak ada istilah persalinan yang satu akan membuat lebih berasa menjadi ibu dibandingkan dengan persalinan yang lainnya. Proses melahirkan sangatlah menguras waktu, tenaga, dana, dan pikiran serta jiwa dan raga, bahkan rasa sakit yang luar biasa juga muncul, namun para ibu dengan luar biasa menghadapinya dengan penuh rasa kelegaan serta senyuman begitu melihat si Buah Hati. Luar biasa ya pengorbanan seorang ibu Healthy People.

Kembali ke Atas