Menguak Fakta Riwayat Kesehatan Bondan Winarno Sebelum Meninggal

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Rabu, 29 November 2017

Indonesia baru saja kehilangan salah satu presenter kuliner terkenal yaitu Bondan Winarno atau biasa dikenal dengan sebutan Bondan Maknyus. Lewat cuitannya di Twitter, Bondan mengungkapkan kalau dia menderita penyakit aneurisma. Apasih aneurisma aorta itu?

Sebelum ke aneurime aorta, kamu harus tahu mengenai jantung dan pembuluh darah kamu. Jantung kamu merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh kamu. Sepanjang hidup kamu, jantung kamu selalu memompa darah ke seluruh tubuh.Pembuluh darah ditubuh kamu berperan sebagai selang yang merupakan jalan darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung kembali.

Kekuatan tekanan yang dihasilkan jantung kamu ke seluruh tubuh tentu saja harus di imbangi dengan kekuatan dinding pembuluh darah, terutama pembuluh darah pertama yang ditemui darah yang baru keluar dari jantung, yaitu pembuluh darah aorta, pembuluh darah terbesar di tubuh kamu.

Normalnya, dinding pembuluh darah aorta cukup kuat menahan gempuran tekanan yang dihasilkan oleh dorongan darah dari jantung sepanjang usia kamu, namun terdapat kemungkinan dinding pembuluh darah aorta melemah dan gak kuat menahan tekanan, sehingga terdorong terus dan menyebabkan dindingnya menipis serta akhirnya mengembung seperti balon. Sama seperti balon yang kamu tiup terus dan menjadi pecah pada akhirnya, aneurisma aorta ini dapat menyebabkan pecahnya dinding pembuluh darah aorta sehingga darah keluar dari pembuluh darah dan masuk ke ruang dalam tubuh kamu sehingga sangat berbahaya.

Walaupun gak semua aneurisme aorta pecah, namun penggembungan pada pembuluh darah aorta dapat menyebabkan gangguan aliran darah yang dapat menimbulkan berbagai masalah jantung dan pembuluh darah lainnya seperti serangan jantung, kerusakan ginjal, stroke, dan bahkan kematian.

Aneurisme Aorta sendiri terbagi dua menurut lokasi, yang pertama di dada atau toraks dan kedua di perut. Aneurisme aorta di dada sering ditemui pada orang yang mengalami kelainan genetik seperti sindrom marfan dan Loeys-Dietz. Selain itu, Tekanan darah tinggi, infeksi, sumbatan atau plak pada pembuluh darah arteri, kelebihan kolesterol, dan kecelakaan dapat menjadi penyebab.

Biasanya penyakit ini timbul tanpa gejala kecuali udah apabila sudah menggembung cukup besar  dan dapat menimbulkan nyeri dada, nyeri punggung, susah bernafas atau menelan, sesak nafas, batuk, dan serak. Dokter biasanya memastikan diagnosis aneurisme aorta dengan melakukan test seperti rontgen sinar X, ekokardiogram atau USG jantung, CT scan, dan pemeriksaan lannya. Pemeriksaan kesehatan rutin yang kamu lakukan dapat mempermudah ditemukannya penyakit yang awalnya tanpa gejala ini. Biasanya setelah ditemukan kelainan, kamu akan dimonitor terutama mengenai semakin besarkah aneurisme kamu. Biasanya kadar kolesterol dan tingkat tekanan darah kamu akan dijaga untuk tetap normal dan akan diturunkan apabila ditemukan cukup tinggi. Apabila aneurisma kamu menggembung cukup besar, dokter akan menyarankan operasi untuk memperkuat dinding aorta.

Apabila aneurisma aorta terjadi di bagian perut, biasanya tanpa tanda dan gejala juga, meski terkadang dapat menimbulkan nyeri punggung, nyeri didalam sisi perut, dan perasaan seperti tertusuk di dekat lokasi kelainan pembuluh darah tersebut. Apabila pembuluh darah tersebut pecah karena aneurisme, biasanya penderita akan muntah, berkeringat, kedinginan, dan pasokan pembuluh darah ke seluruh tubuh akan menurun mendadak dan drastis sehingga dapat menyebabkan kematian. Penyebab aneurisme aorta pada perut kemungkinan karena adanya plak pada arteri, merokok, tekanan darah tinggi, dan keturunan atau genetik. Kecelakaan dan infeksi kemungkinan juga mendorong terjadinya hal ini.

Jadi Healthy People, inilah pentingnya untuk kamu rutin memeriksa kesehatan ke dokter karena ada banyak penyakit berbahaya yang timbul tanpa ada gejala khas. Buat kamu yang perokok, kemungkinan sangat besar kamu akan mengalami aneurisme aorta di jantung apalagi di perut, jadi jauhi rokok dan asapnya ya healthy people. Olahraga yang teratur, pola makan yang disiplin, serta hidup yang sehat akan banyak membantu kamu terhindar dari berbagai macam penyakit. Apabila karena faktor tertentu kamu mengalami anuerisme aorta, tetap ikuti nasihat dokter mengenai pilihan apa yang terbaik untuk kamu, pilihan operasi bisa menyelamatkan kamu dan menghindari kamu dari kejadian fatal kedepannya, selain itu selalu jalankan pola hidup sehat dan ikuti terus nasihat sehat dari haiDokter ya Healthy People, supaya kondisi kamu selalu terjaga.

 

 

 

 

sumber : www.haidokter.com

Kembali ke Atas