Menguak Rahasia Menopouse

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 3 November 2017

Seberapa tau sih kamu tentang menopouse? Jangan-jangan kamu cuma tau kalau menopouse hanya tentang gak menstruasi lagi. Kamu harus tahu lebih dalam tentang menopouse dan gejalanya biar kamu bisa memahami perempuan yang memasuki masa menopouse.

Menopouse adalah keadaan dimana kamu uda gak menstruasi selama 12 bulan berturut-turut bukan karena hamil atau sakit. Hal ini normal seiring bertambahnya usia kamu. Menopouse terjadi karena kadar hormon seks kamu menurun secara alami karena bertambahnya usia. Ovarium kamu berhenti melepaskan telur jadi kamu gak akan menstruasi lagi dan hamil.

Kamu akan menopouse pada usia 40 atau 50 tahunan. Tapi, semua itu tergantung pada kondisi kesehatan kamu sendiri karena penelitian kesehatan menunjukkan kalau setengah perempuan di Amerika Serikat menopouse sebelum usia 52 tahun. Gak ada yang tahu kapan waktu yang tepat dan pasti untuk menopouse. Kamu hanya bisa melihat dari gejala-gejala yang muncul sebelum menopouse. Beberapa perempuan mungkin hanya memiliki beberapa gejala, bahkan ada beberapa perempuan yang gak memiliki gejala sama sekali. Gejala-gejala yang biasa muncul, seperti :

Menstruasimu gak Teratur

source : userfiles.steadyhealth.com

Ini gejala alami sebelum masuk masa menopouse. Masa menstruasimu lebih panjang dari sebelumnya atau sebaliknya.

Sering Berkeringat di Malam hari

source : amazonaws.com

Kamu akan sering berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas. Kulit kamu biasanya memerah dan jantung kamu berdetak lebih cepat. Kamu juga bisa merasa kedinginan secara tiba-tiba. Gejala ini bisa bertahan selama 1 menit atau 5 menit setiap malamnya. Perlu diingat lagi, kalau gejala ini mungkin dialami beberapa perempuan, bahkan ada yang gak pernah mengalaminya.

Sulit Tidur

source : www.dreamsare4real.com

Kamu sering terbangun di malam hari dan sulit tidur padahal badan kamu uda capek banget.

Mudah murung

source : www.huffpost.com

Tanpa alasan yang jelas, kamu jadi mudah murung. Banyak hal yang bisa buat kamu sedih tiba-tiba. Kamu juga mudah cemas dan depresi.

Mudah lupa

source : www.theaa.ie

Saat mau memasuki masa menopouse, kamu jadi mudah lupa bahkan pada hal-hal kecil seperti kehilangan kunci mobil dan lupa membawa dompet.

Setelah tau gejala-gejala tersebut, kamu jadi lebih paham dong tentang menopouse. Jadi, kamu harus bisa memahami kalau ada kerabat kamu yang berusia 50 tahunan dan murung secara tiba-tiba.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas