Mimisan? Jangan Sembarangan Terlentang

first aid
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Jumat, 18 November 2016

Pernah syok gara-gara darah keluar dari hidung? Eits, itu namanya mimisan. Jangan panik yaa, di luar karena alasan penyakit tertentu, mimisan ini gak berbahaya kok. Umumnya kamu bisa mimisan karena sebelumnya kamu buang ingus yang kekencengan, kecapekan, udara yang kering dan dingin, serta sinusitis. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan ketika sedang mimisan?

Pertama, ambil posisi duduk dan jangan tiduran. Ini bisa ngurangin tekanan di pembuluh darah hidung terus bisa bikin darah berenti. Tapi, pas kamu tiduran tekanan di pembuluh darah akan nambah, yang ada bukannya mimisan berhenti, malah semakin banyak.

Kedua, condongkan tubuh ke depan. Maksudnya tuh biar darah yang keluar gak masuk lagi ke tenggorkan dan tertelan. Solanya kalau udah ketelen bisa bikin kamu muntah lho.

Ketiga, pencet hidung dan nafas lewat mulut. Pas darah udah berhenti, pencet hidung 5-10 menit terus nafas seperti biasa lewat mulut. Usahain jangan bicara, menelan, batuk, meludah, dan membungkuk.

Keempat, kompres hidung dan segera istirahat. Setelah darah bener-bener berhenti, kompres pangkal hidung pake air dingin untuk mencegah pendarahan lagi dan jangan ngelakuin aktivitas berat selama 12 jam pasca mimisan.

Kalo kamu sedang nolongin teman atau saudara yang mimisan, atau bahkan kamu sendiri yang mimisan, ingat! Jangan panik ya HealthyPeople. Kamu bisa lakuin tips dari haiDokter kok. Tapi, kalau mimisan tambah parah, segera hubungi dokter ya biar dapet penanganan langsung.

Kembali ke Atas