Olahraga Golf Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

sport
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 17 November 2016

Walaupun bermain golf terkesan sebagai olahraga yang mahal dan santai, namun sebenarnya olahraga ini punya banyak banget manfaat yang tidak kalah mahal. Ini nih buktinya:

1.   Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beberapa studi menunjukan, seseorang yang melakukan cardiovascular exercise selama 30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu, maka akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, penyakit tulang, serta peradangan sendi. Pada setiap pemain golf yang menggotong peralatan golfnya sendiri, olahraga ini sangat melatih baik kerja jantung maupun kekuatan otot pemainnya. Dalam bermain golf, pemain dituntut untuk banyak berjalan. Lubang yang berjumlah 18, biasanya dalam satu putaran permainan ditempuh dengan jarak sekitar 5-8 kilometer. Jika pemain menjaga kecepatan berjalan yang cepat selama menempuh jarak dari satu lubang menuju lubang yang lain, maka ia pasti telah melatih kerja jantungnya dengan baik.

2.   Menjaga Berat Badan

Berat badan sangat berkaitan dengan jumlah kalori. Semkain banyak kalori yang kamu bakar, maka berat badan akan semakin baik. Jumlah kalori yang terbakar pada bermain golf cukup banyak. Setiap satu putaran permainan dapat menghabiskan hingga 1000 kalori lho!

3.   Menguatkan Tulang

Manfaat lainnya yang kita akan dapatkan selama bermain golf adalah kebutuhan tubuh akan vitamin D akan tercukupi. Hal ini dikarenakan olahraga ini dilakukan ditempat yang terbuka dan terpapar oleh sinar matahari yang dibutuhkan tubuh untuk mensintesa vitamin D. Selain untuk kesehatan tulang, vitamin D yang cukup juga bermanfaat mencegah terjadinya gagal jantung.

4.   Mencegah Stress

Bermain golf juga merupakan salah satu bentuk aktifitas sosial. Di arena golf, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk bersosialisasi dan menambah teman. Studi menunjukan jika seseorang berinteraksi dengan orang lain yang memiliki hobi dan kesenangan yang sama, maka akan meningkatkan kebahagiaan. Dengan kata lain, olahraga golf dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya stress.

5.   Melancarkan Aliran Darah

Saat detak jantung meningkat, maka saat itu pula terjadi peningkatan aliran darah ke otak. Hal ini akan menstimulasi dan meningkatkan koneksi antar sel saraf dalam otak. Penyakit seperti dementia pun dapat dicegah. Selain itu pola permainan yang membutuhkan strategi serta koordinasi yang baik antara mata dan tangan pun akan menjaga kerja otak tetap aktif dalam fungsi logisnya.

Nah, banyak banget kan manfaatnya bermain golf. Jantung dan pembuluh darah semakin sehat, berat badan terjaga, tulang semakin kuat, jiwa semakin baik, teman semakin banyak, dan otak pun semakin terlatih. Selamat bermain golf, HealthyPeople!

Kembali ke Atas