Penglihatan Sering Berkunang-Kunang Dan Mendadak Gelap Tanda Darah Rendah

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 28 Desember 2017

Hai HealthyPeople, pernah ngerasain mata berkunang-kunang dan tiba-tiba gelap pas berdiri lama seperti waktu upacara, berubah posisi dari tidur atau duduk dan langsung berdiri, pas setelah makan atau lainnya? Kira-kira kenapa ya? 

Berkunang-kunang bisa disebabkan karena tekanan darah rendah atau hipotensi. Hipotensi terjadi ketika tekanan darah kamu kurang dari 90 mmHg pada sistolik (bilangan atas) atau 60 mmHg pada diastolik (bilangan bawah).

Baca juga : Kenali Posisi Tidur yang Benar dan yang Harus Dihindari

Jika tekanan darah kamu turun secara tiba-tiba sampai 20 mmHg atau selebihnya, misalnya sistolik dari 100 mmHg menjadi 80 mmHg maka kamu akan merasa merasakan mata berkunang-kunang dan tiba-tiba gelap, pusing dan bahkan pingsan karena otak tidak mendapat cukup pasokan darah.

Berkunang-kunang karena tekanan darah rendah banyak penyebabnya. Tekanan darah rendah ini bisa terjadi ketika kamu tiba-tiba bangkit dari posisi duduk atau tidur ke posisi berdiri, dua jam setelah makan, berdiri terlalu lama, infeksi berat, pendarahan jumlah besar dalam waktu singkat, serangan jantung, dehidrasi atau bahkan karena reaksi alergi anafilaksis, penyakit Addison, gagal jantung, efek samping obat, anemia, hipotiroidisme, dehidrasi, kehamilan dan gangguan ritme jantung.

Berkunang-kunang karena tekanan darah rendah bisa dicegah dan diobati. Tekanan darah rendah akan ditangani tergantung pada penyebab dasarnya tadi, konsumsi makanan yang kaya natrium apabila kekurangan penderita kekurangan natrium, minum lebih banyak air putih, mengubah posisi dengan perlahan atau tidak berdiri terlalu lama, tidur dengan 2-3 bantal agar ketika bangun dan berdiri tidak terjadi penurunan drastis pada tekanan darah, jangan minum minuman beralkohol, mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari bisa membantu juga loh dan gunakan stoking kompresi untuk megurangi terkumpulnya darah di kaki kamu.

Baca juga : 7 Jenis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Kamu harus segera berbaring dan angkat kaki kamu ketika kamu merasa berkunang-kunang. Seringkali kamu merasa berkunang-kunang dan penglihatan mendadak gelap karena kurangnya pasokan darah ke otak. Segeralah cari tempat berbaring yang aman terdekat, lalu angkat kaki kamu supaya aliran darah ke otak kamu meningkat.

Kalau kamu sering mengalaminya, segera konsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebab dan terapinya. Ada baiknya kamu berkonsultasi secara langsung kepada dokter, terutama apabila kamu mengalami gejala tekanan darah rendah yang disertai gejala lain seperti sakit pada bagian dada, demam, denyut jantung tidak beraturan, napas pendek, dan pingsan.

Tetap jaga kesehatan ya Healthy People!

Kembali ke Atas