Peran Industri Mengurangi Kasus TB di Indonesia

event highlight
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 3 Oktober 2017

Tanggal 1 Oktober 2017, Johnson and Johnson bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan PERDOKI menyelenggarakan diskusi media terkait dengan peran dokter perusahaan dalam upaya pencegahan dan manajemen kasus TB bagi Pelaku Industri. Uda tau belum sih kamu apa itu PERDOKI? PERDOKI sendiri adalah organisasi profesi dokter spesialis kedokteran okupasi yang aktif dalam membangun kesehatan para pekerja.

Penyakit Tuberkolosis (TB) adalah penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Fakta tentang penyakit TB sangat mengejutkan Healthy people. Sampai saat ini, Kemenkes uda mencatat terdapat sekitar 676.000 kasus TB yang belum terdeteksi atau sekitar 60% dari jumlah kasus TB di Indonesia, jadi Indonesia menjadi negara dengan jumlah kasus TB terbanyak kedua di dunia. Setiap tahun ditemukan sekitar 1 juta kasus TB baru dengan angka kematian 100.000 per tahun, atau setara dengan 273 orang per hari di Indonesia. Sebagian besar pasien TB dalam masa usia produktif (15 – 55 tahun), jadi diperlukan usaha khusus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam upaya pencegahan penularan TB.

Apa sih yang bisa kamu lakukan untuk mencegah TB sebagai pekerja industri?

Banyak banget yang bisa kamu lakukan. Contohnya nih, Johnson and Johnson sendiri sudah menerapkan peraturan perusahaan untuk bisa tahu mana karyawan yang terkena penyakit TB di lingkungan kerja. Penanggulangan TB bisa dilakukan sektor industri dengan cara menemukan kasus, perawatan pasien TB, sampai pengobatan tuntas karena penyakit TB bisa disembuhkan, jadi kamu jangan pernah menjauhi pasien TB ya.

TB bisa menular lewat kontak langsung seperti berbicara, batuk, dan bersin. Saat kamu berbicara, kamu menularkan 210 partikel. Saat kamu batuk, kamu menularkan 3500 partikel. Sedangkan saat kamu bersin, kamu menularkan 4500 – 1 juta partikel. Perusahaan yang rentan penyebaran TB biasanya perusahaan logam. Jadi, kamu sangat disarankan untuk memakai masker atau pelindung di perusahaan dan kendaraan umum untuk mencegah penularan TB. Yuk, menjaga kesehatan agar terhindar dari penularan TB.

Kembali ke Atas