Perempuan Harus Tahu nih tentang PCOS

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Monica Harvriza - Sabtu, 6 Januari 2018

Kalau mentruasi kamu gak teratur dan sulit hamil, kamu bisa saja terserang PCOS. Khusus kamu perempuan, kamu uda tahu belum tentang PCOS? PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) atau Sindrom Ovarium Polikistik adalah kondisi ketidakseimbangan hormon.

Hormon adalah zat kimia untuk pertumbuhan dan produksi energi. Seringkali, tugas salah satu hormon adalah memberikan sinyal untuk pelepasan hormon lainnya.

Jadi, bisa dibanyangin dong kalau horon kamu gak seimbang, maka sistem kerja tubuh kamu pun gak seimbang. PCOS bisa menyebabkan masalah siklus mentruasi yang gak teratur dan sulit untuk hamil. Kalau kamu gak segera berobat, bisa saja PCOS menimbulkan penyakit serius lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung.

Baca juga : Perubahan Mr.P Seiring Bertambahnya Usia

Sebagian besar perempuan yang terserang PCOS mempunyai kista kecil di ovarium. Kista memang gak bahaya tapi bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Jadi, kamu harus sudah tahu gejalanya dan cara pengobatan dini yang bisa kamu lakukan sesegera mungkin untuk menghindari resiko terserang penyakit serius lainnya.

Memang masih belum diketahui nih penyebab PCOS, tapi pakar kesehatan memperkirakan kalau genetik bisa menjadi salah satu faktor. Kalau ibu atau saudara perempuan kamu mempunyai siklus menstruasi yang gak teratur, maka kamu berpeluang lebih tinggi untuk mengalaminya juga. PCOS sendiri bisa diturunkan dari pihak ibu dan ayah.

Gejala umum PCOS biasanya :

  • Muncul jerawat

  • Menurunnya berat badan

  • Rambut rontok

  • Mempunyai “rambut-rambut” halus di sekitar wajah, dada, perut, dan punggung

  • Siklus menstruasi yang gak teratur

  • Sulit hamil

  • Depresi

Gak mau dong kalau kamu sampai gak bisa hamil gara-gara PCOS. Jadi, kamu harus segera konsultasi ke dokter. Sebelum memberikan pengobatan, dokter biasanya akan mengajukan beberapa pertanyaan terlebih dahulu untuk tahu riwayat kesehatan kamu dan keluarga kamu.

Baca juga : 3 Efek Negatif Obat Tidur

Selanjutnya, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan tes laboraturium untuk tahu kadar gula darah, insulin, dan hormon. Tes hormon sendiri bertujuan untuk melihat apakah kamu terserang penyakit lainnya seperti tiroid atau gak. Lalu, dokter akan memberikan beberapa resep obat-obatan untuk mengurangi efek negatif yang ditimbulkan PCOS.

Kamu juga bisa nih melakukan pencegahan sejak dini agar kamu gak terserang PCOS, seperti :

  • Rutin berolahraga

  • Menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya

  • Hindari merokok karena perokok mempunyai kadar androgen yang lebih tinggi yang bisa meningkatkan resiko terserang PCOS

  • Hindari mengonsumsi alkhohol

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas