Rasa Ketindihan Saat Tidur

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 15 Agustus 2016

Kamu pernah merasa secara mendadak gak bisa bergerak atau bicara ketika bangun tidur atau saat mengantuk? Hal ini biasanya disebut ketindihan, kereprep atau hal lainnya yang seringkali dihubungkan mahluk halus atau hal gaib lainnya. Serem 

Di dalam ilmu kedokteran, hal ini biasa disebut dengan "Sleep Paralysis". Meskipun terasa menakutkan, namun kejadian ini tidaklah merusak kesehatan kamu. Sleep paralysis dapat terjadi sekali, berkali-kali atau beberapa kali dalam semalam.

Jadi sebenarnya apa sih Sleep Paralysis itu? 

Sleep Paralysis adalah ketika kamu merasa sudah sadar, namun tidak dapat bergerak. Hal ini terjadi ketika kamu berada diantara tidur dan sadar, ketika mau tidur atau ketika mau bangun. Saat proses perpindahan antara sadar dan tidur ini gak berjalan mulus, kamu akan merasa gak bisa bergerak atau berbicara dalam beberapa detik sampai beberapa menit, serta seringkali juga merasa ketindihan oleh barang berat atau tercekik. Hal ini dialami sekitar 40% orang di seluruh dunia dan dimulai ketika remaja. Meskipun belum diketahui penyebab utamanya, beberapa hal seperti kurang tidur, perubahan jadwal tidur, kesehatan jiwa terganggu, tidur terlentang, kelainan tidur lainnya dan obat-obatan dapat meningkatkan kemungkinan kamu mengalami Sleep Paralysis.

Supaya kamu terhindar dari Sleep Paralysis, biasakan tidur terjadwal selama 7-8 jam setiap malam. Namun, kalau itu gak berhasil dan kamu merasa terganggu dengan Sleep Paralysis yang kamu alami, kamu dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kembali ke Atas