Sarung Bantal Bisa Jadi Penyebab Jerawat!

lifestyle
Oleh Tim HaiDokter - Selasa, 29 November 2016

Penyebab jerawat sebenarnya banyak banget, mulai dari hormonal, makanan, sampai kebersihan lingkungan. Tetapi, gak jarang juga jerawat muncul yang tanpa diketahui penyebabnya. Sebenarnya bukan tidak diketahui, tetapi lebih kepada kamu tidak selektif dalam memilih makanan ataupun dalam menjaga kebersihan barang yang kamu pakai setiap hari.

Menurut penelitian beberapa ahli kulit menyebutkan bahwa kebiasaan sehari-hari kamu sangat erat hubungannya dengan penyebab jerawat. Seperti contoh sederhananya, berapa kali kamu ganti sarung bantal yang kamu pakai tidur? Normalnya memang setiap seminggu sekali kamu harus mengganti sarung bantal dan sarung guling kamu. Serius seminggu sekali? Ya! Para ahli menambahkan bahwa sering mengganti barang atau kain yang bersentuhan langsung dengan kulit kamu akan membantu mengurangi jerawat.

Sarung bantal adalah sarang dari kotoran, bakteri, dan mungkin sisa makeup yang menempel yang mengakibatkan munculnya jerawat. Debra Jaliman, dokter kulit yang berbasis di Kota New York mengatakan bahkan kalau bisa ketika kamu berada di tempat baru usahakan untuk mengganti sarung bantal dan guling. Karena kamu tidak pernah tahu sarung bantal tersebut bekas dipakai siapa dan bagaimana kondisi kulitnya.

Pedoman ini juga berlaku buat kamu yang rajin cuci muka dan membersihkan kulit wajah tiap malam. Dr. Jaliman menjelaskan bahwa masih banyak sisa minyak dan bakteri di kulit saat kamu tidur, atau bekas skincare malam yang menempel di sarung bantal kamu.Kalau kamu punya kulit sensitif, sebaiknya hindari penggunaan pewangi atau pelembut pakaian yang sembarangan.

Kembali ke Atas