Selain Bermanfaat Buat Bayi, Menyusui Juga Bisa Buat Diet?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Rabu, 2 Agustus 2017

American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologists menyarankan untuk memberikan ASI, namun keputusan menyusui mungkin adalah keputusan personal Healthy People. Ada yang menyusui selama 2 tahun, ada juga yang kurang dari 2 tahun. Tapi, Healthy people uda tahu belum kalau ASI juga bermanfaat buat Ibu yang ingin diet? Fakta tentang manfaat ASI buat ibu dan bayi di bawah ini mungkin bisa memberikan alternatif keputusan seberapa lama kamu akan menyusui.

Manfaat ASI Untuk Bayi

Manfaat ASI sangat banyak untuk bayi. Bayi gak perlu repot untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk tubuhnya karena ASI mengandung vitamin, protein, dan lemak yang semuanya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kandungan nutrisi tersebut lebih lengkap dan mudah dicerna oleh tubuh bayi dibandingkan susu formula. Selain itu, ASI juga bisa melindungi bayi dari serangan virus dan bakteri yang akan masuk ke tubuhnya, mengurangi resiko terserang asma, diabetes, obesitas, dan alergi. American Academyof Pediatrics (AAP) juga mengungkapkan kalau ASI juga bisa mengurangi resiko SIDS yaitu sindrom kematian mendadak seorang bayi dan beberapa jenis kanker. Bahkan khusus bayi yang mendapatkan ASI ekslusif selama 6 bulan tanpa bantuan susu formula memiliki resiko kecil untuk terserang infeksi telinga dan diare. Beberapa penelitian seperti dilansir webmd.com juga menyebutkan anak-anak yang mendapatkan ASI mempunyai IQ lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang gak mendapatkan ASI. Namun, hal terpenting adalah Healthy people bisa memiliki ikatan batin yang kuat dengan bayi saat memberikan ASI.

Manfaat ASI Untuk Ibu

Tahu gak Healthy people kalau menyusui bisa membakar banyak kalori jadi bisa membantu kamu untuk menurunkan berat badan dengan cepat loh karena para ibu biasanya mempunyaimasalah kenaikan berat badan setelah melahirkan. Lalu bagaimana caranya? Menyusui membantu pelepasan hormon oksitosin yang membantu rahim kamu kembali ke ukuran seperti sebelum hamil. Selain itu, menyusui juga bisa mencegah resiko kanker payudara, kanker ovarium, dan osteoporosis.

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas