Sering Menatap Layar Gadget, Gimana Cara Mata Tetap Sehat?

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Sabtu, 14 Oktober 2017

Healthy people, kesehatan mata kamu perlu diperhatikan mulai saat ini. Sadar gak sih kamu kalau selama ini kamu sering mengabaikan kesehatan mata kamu padahal kamu sering membuat mata kamu lelah. Kamu sering main gadget atau bekerja di depan laptop sepanjang hari. Jadi, kamu harus tahu beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata kamu.

Menjaga pola makan

Percaya atau gak, kesehatan mata kamu berawal dari apa yang kamu makan. Asupan nutrisi yang baik untuk mata kamu yang mengandung asam lemak, omega-3, lutein, vitamin C, dan vitamin E. Kamu bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari beberapa makanan seperti :

  • Sayuran seperti bayam dan kangkung

  • Salmon dan ikan

  • Telur, kacang-kacangan, dan sumber protein lainnya

  • Buah-buahan seperti jeruk dan tomat

Berhenti Merokok

Nah, untuk kamu yang aktif merokok, kali ini sepertinya kamu harus mulai berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan katarak dan merusak saraf penglihatan kamu. Gak mau kan penglihatan kamu jadi terganggu karena kebiasaan buruk kamu. Yuk, mulai berhenti merokok sekarang.

Jangan terlalu sering menatap layar komputer/laptop

Tips ini cocok banget untuk kamu yang menatap layar komputer/laptop terlalu lama. Coba deh kamu pikir berapa lamu dalam sehari kamu menatap layar komputer/laptop. Terlalu lama menatap layar komputer bisa membuat mata kamu kering, sakit kepala, pandangan menjadi kabur, dan mata kamu sulit untuk fokus. Nah, uda tahu belum gimana tips sehat untuk mata kamu walaupun kamu sering menatap layar komputer/laptop?

  • Memakai kaca mata mungkin menjadi tips termudah yang bisa kamu lakukan. Memakai kaca mata bisa melindungi mata kamu dari radiasi sinar komputer/laptop

  • Letakkan komputer/laptop kamu sejajar dengan mata kamu

  • Kalau kamu merasa mata kamu kering, seringlah berkedip

  • Istirahatkan matamu setiap 20 menit sekali dengan melihat benda lainnya selama 20 detik. Hal ini bertujuan agar mata kamu gak terlalu lelah karena terlalu lama menatap layar komputer/laptop.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas