Simak Disini Jenis-Jenis Telur dan Perbedaannya

nutrisi diet
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 14 Sepember 2017

Hampir semua orang suka mengonsumsi telur. Banyak cara untuk mengonsumsi telur, digoreng, direbus, atau dicampur dengan jamu. Bahkan ada beberapa orang yang rutin mengonsumsi telur untuk sarapan setiap hari. Saat ini, mulai banyak jenis telur yang bisa membingungkan tentang manfaat dan kandungan gizi. Lalu, sudahkah Healthy people tahu perbedaannya? Di bawah ini, kamu akan tahu ada 4 jenis telur yang dijual di pasaran. Apa saja?

 

  1. Telur konvensional adalah telur ayam biasa yang mudah ditemukan di supermarket. Ayam-ayam tersebut biasanya dipelihara di rumah atau di kandang khusus yang gak mendapat sinar matahari yang cukup. Ayam tersebut diberi makan seperti biji-bijian yang kaya akan vitamin dan mineral. Terdapat kemungkinan mereka juga pernah terpapar oleh antiobiotik.

  2. Telur organik dihasilkan oleh ayam yang gak mendapat antibiotik atau hormon tambahan. Ayam-ayam tersebut diberi makanan organik dan mempunyai akses terbatas untuk bermain ke alam terbuka.

  3. Telur ayam kampung dihasilkan oleh ayam yang bebas bermain di alam terbuka dan mencari makanan mereka sendiri seperti serangga dan tanaman alami lainnya.

  4. Telur omega-3 pada dasarnya juga dihasilkan ayam konvensional sama seperti telur konvensional. Perbedaannya adalah makanan yang diberikan adalah makanan yang mengandung omega-3 seperti biji rami. Ayam-ayam tersebut juga mempunyai kesempatan lebih besar untuk mengakses kehidupan luar dibandingkan ayam konvensional lainnya.

 

Kamu bebas memilih jenis telur mana yang ingin kamu konsumsi. Sayangnya, masih sedikit informasi tentang kandungan nutrisi lengkap dari masing-masing jenis telur tersebut.  Telur omega-3 mempunyai kandungan omega-3 lima kali lebih banyak dibandingkan telur konvensional. Bagi kamu yang ingin menerapkan pola hidup sehat, maka kamu bisa memilih telur ayam kampung. Mother Earth News Magazine pernah mempublikasikan jika telur ayam kampung lebih bergizi dibandingkan telur konvensional. Telur ayam kampung mengandung vitamin A, vitamin E, dan omega-3. Telur jenis ini juga mengandung kolesterol rendah sehingga cocok untuk dikonsumsi kamu yang mempunyai kolesterol tinggi.

 

 

 

 

 

 

sumber : www.healthline.com

Kembali ke Atas