STOP! Mengucek Mata Bisa Bikin Bintitan

lifestyle
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 15 Agustus 2016

Hai HealhtyPeople, secara gak sadar kamu sering banget kan ngucek mata? Nah, ternyata aktivitas mengucek mata itu bisa bikin mata kamu semakin bermasalah. Mengucek mata ternyata membuat mata menjadi bintitan. Kok bisa?

Kelopak mata kamu punya banyak kelenjar buat jaga kesehatan mata. Karena tangan kamu terkontaminasi banyak macam bakteri yang bisa pindah ke mata pas kamu lagi ngucek mata. Nah, bakteri dari tangan kamu ini bisa menginfeksi kelenjar di mata hingga bengkak. Pembengkakan di kelenjar ini bisa kelihatan sebagai benjolan pada kelopak mata dan biasa disebut dengan bintitan.

Gak cuma itu, mengucek mata karena adanya benda asing yang mengenai kornea atau sklera bisa menyebabkan kehilangan fungsi penglihatan. Kok bisa? Karena biasanya air mata akan membilas benda asing tersebut secara otomatis agar pergi dari mata. Nah, kalau dikucek bukannya dibilas oleh air mata, yang ada malah benda tersebut semakin menggores permukaan kornea dan sklera kamu. Pas benda asing sudah hilang, permukaan mata akan tetap gatal akibat dari luka goresan. Luka goresan tersebut akan membuat kamu semakin sering mengucek mata sehingga sklera yang berwarna putih jadi kelihatan merah dan mengurangi fungsi penglihatan.

haiDokter kasih tips nih buat ngurangi kebiasaan kamu mengucek mata. Jika berada di luar ruangan, sebaiknya pakai kacamata. Kalo kamu gak punya gangguan minus ataupun plus pada mata, pakai kacamatan dengan minus kosong. Selain itu, kalo mata kerasa gatal akibat kemasukan debu atau benda asing lainnya, tahan keinginan buat mengucek mata. Sebaiknya cepat-cepat bilas pakai air mengalir yang bersih selama 15 menit biar debu dan benda asing lainnya segera keluar. Kunjungi dokter kalau keluhan masih kamu rasain dan buat mastiin benda itu sudah keluar. Mata adalah organ tubuh paling sensitif dan vital, HealthyPeople. So, sebaiknya jaga kesehatan mata kamu dengan sebaik-baiknya yaaa..

Kembali ke Atas