Terlambat Menstruasi, Hamilkah ?

sex education
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 15 Juni 2017

Apakah kamu khawatir kamu sedang hamil kalau lagi terlambat menstruasi? Jangan panik dan jangan langsung menilai bahwa perempuan yang telat menstruasi berarti mereka sedang hamil. Banyak faktor yang menjadi alasan kamu terlambat mentruasi. Umumnya, faktor yang menyebabkan terlambat menstruasi bisa dibedakan menjadi dua yaitu saat pertama kali menstruasi dan saat mendekati menopouse. Tapi, gak menutup kemungkinan kalau terlambat mentruasi juga dipengaruhi oleh faktor lainnya, diantaranya:

Stress

Stres dapat mempengaruhi hormon mu, loh. Saat kamu stres, hal itu mempengaruhi bagian otakmu yang mengaktur siklus menstruasi. Mulai sekarang, hindari deh yang namanya stres, galau, atau bahkan depresi. Lakukan relaksasi atau liburan biar pikiran mu segar kembali, Healthy people.

Pre-Menopouse Dini

Menopouse biasanya terjadi pada perempuan dengan rentan usia 45-55 tahun. Namun, gejalan menopouse dini biasanya sudah mulai terlihat diawal umur 40 tahun atau biasa disebut pre-menopouse dini. Jadi, dalam tahapan pre-menopouse dini tersebut lah, seorang perempuan dapat mengalami terlambat menstruasi.

Faktor Berat Badan

Berat badan mu jugak dapat mempengaruhi siklus menstruasi baik yang kekurangan ataupun kelebihan berat badan. Perempuan yang sedang anoreksia atau bulimia akan mengalami terlambat menstruasi karena berat badan mereka 10% di bawah garis normal sehinggak mempengaruhi sistem metabolisme tubuh dan mempengaruhi kerja ovum. Perempuan yang sedang menggeluti olahragak ekstrem pun contohnya maraton juga dapat mengalami terlambat menstruasi.

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah kondisi dimana tubuh kamu memproduksi hormon androgen lebih banyak yang menyebabkan ovulasi gak bisa bekerja secara optimal sehingga kamu pun terlambat mentruasi.

Penyakit Kronis

Penyakit kronis contohnya diabetes juga mempengaruhi siklus menstruasi kamu. Perubahan kadar gula darah pada penderita diabetes juga mempengaruhi hormon menstruasimu, sehingga kamu pun bisa terlambat mentruasi.

    Healthy People, kesimpulannya adalah terlambat menstruasi gak hanya gejala awal kehamilan, namun juga bisa dipengaruhi faktor-faktor lainnya. Jika, kamu sering terlambat menstruasi atau sudah gak mensturasi dalam waktu yang lama, sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat dan konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan pengobatan selanjutnya.

 

Kembali ke Atas