Tertusuk Paku, Awas Tetanus!

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / Tim HaiDokter - Kamis, 12 Oktober 2017

Saat kaki kamu tiba-tiba tertusuk paku, kamu pasti ketakutan. Kamu takut terinfeksi tetanus. Uda seberapa paham Healthy people tentang tetanus?

Tetanus adalah penyakit yang menyerang sistem saraf kamu karena bakteri Clostridium Tetani. Tetanus bisa menyebabkan kejang dan kaku pada otot rahang kamu. Selain menyerang bagian rahang, bakteri tersebut juga bisa menyebabkan kontraksi otot yang sangat menyakitkan di bagian leher sehingga kamu sulit untuk bernafas.

Tetanus tidak menular langsung dari seseorang ke orang lainnya. Spora bakteri C.Tetani bisa ditemukan di tanah, kotoran hewan, dan debu. Bakteri tersebut masuk ke tubuh kamu melalui luka yang biasanya cukup besar atau dalam. Bakteri tersebut mengeluarkan racun yang disebut Tetanospasmin yang bisa menghambat sinyal saraf dari sumsum tulang belakang kamu ke otot sehingga bisa menyebabkan kejang otot. Bahkan, tetanus juga bisa menyebabkan patah tulang belakang.

Kamu bisa terinfeksi bakteri C.tetani saat :

  • Digigit binatang buas

  • Luka tusukan akibat tertusuk paku, tubuh kamu ditindik ataupun ditato

  • Luka tembak

  • Konsumsi narkoba menggunakan jarum suntik

Ada beberapa faktor yang menyebabkan bakteri C.Tetani mudah berkembang biak di tubuh kamu, seperti :

  • Kamu gak diimunisasi tetanus

  • Ada luka yang bisa menyebabkan bakteri masuk ke tubuh kamu

Tapi, tetanus bisa dicegah dengan imunisasi DTaP yang bisa melindungi tubuh kamu dari infeksi bakteri C. Tetani. Imunisasi DtaP biasanya melindungi tubuh kamu dari infeksi Tetanus selama 10 tahun dan selanjutnya booster untuk meneruskan perlindungan tubuh kamu. Saat ada luka di tubuh kamu, kamu harus segera membersihkannya dengan air mengalir. Kalau sebelumnya terjadi pendarahan, kamu harus menghentikan pendarahan segera. Bila diperlukan, dokter akan mengoleskan antibiotik di bagian luka untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan menghindari terjadinya infeksi. Apabila diduga kamu terinfeksi tetanus saat baru terluka, dokter akan memberikan kamu serum anti tetanus.

Gejala tetanus biasanya terlihat sekitar 7 – 21 hari setelah kamu terinfeksi bakteri. Gejalanya biasanya kejang, kaku pada otot rahang, kaku pada leher, sulit menelan, demam tinggi, keringat berlebih, dan tekanan darah tinggi. Kamu sebaiknya segera ke dokter saat kamu tertusuk paku atau merasa terinfeksi bakteri C. Tetani.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.everydayhealth.com

Kembali ke Atas