Tuberkolosis, Penyakit Turunan atau Penyakit Menular?

kamus penyakit
Oleh Dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 3 Oktober 2017

Masyarakat percaya tuberkolosis adalah penyakit turunan atau penyakti santet. Serem gak sih? Bener gak sih mitos tersebut?

Faktanya, Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB yaitu Mycobacterium Tuberculosis. Kuman ini biasanya menyerang paru-paru. Kalau kamu menderita TB, biasanya kamu akan mengeluh batuk lebih dari 2 minggu yang dapat disertai dahak atau darah. Selain itu, kamu bakal sesak napas, nyeri dada, lemas, nafsu makan menurun, berat badan menurun, berkeringat malam tanpa ada alasan yang logis, dan demam lebih dari 1 bulan. Kalau kamu merasakan gejala tersebut, segeralah ke dokter.

Dokter biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan seperti :

  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan penunjang yaitu pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah terdapat tanda kamu sedang mengalami infeksi kronis dan sakit TB
  • Pemeriksaan mikroskopis untuk melihat kuman pada TB paru-paru yang dapat ditemukan pada dahak kamu atau kuman pada TB non paru yang dapat ditemukan pada bilas lambung, cairan serebrospinal, cairan pleura ataupun biopsi jaringan\
  • Pemeriksaan tes tuberkulin (tes Mantoux) untuk mengetahui apakah kamu sudah terpapar kuman TB
  • Pemeriksaan radiologi untuk melihat keadaan paru kamu.

Jangan khawatir Healthy people. TB bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi BCG, mengonsumsi obat profilaksis dari dokter kalau kamu uda berpotensi terkena TB, menerapkan pola hidup sehat jadi kamu gak bakal tertular TB dan pastikan ventilasi dan cahaya matahari memasuki seluruh ruangan rumah maupun tempat kerja kamu karena kuman TB di luar tubuh akan mati kalau terkena cahaya matahari.

 

 

Kembali ke Atas