Waspada! 4 Hal di Sekitar Kita yang Meningkatkan Resiko Kanker

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Kamis, 7 Desember 2017

Angka kematian karena kanker di dunia terus meningkat dari tahun ke tahun. Kanker juga masih menjadi penyakit paling menakutkan dan mematikan di dunia.

Siapapun yang mendengar kata kanker pasti ketakutan dan berpikir kalau dia akan meninggal dunia saat terserang kanker. Jadi, kamu perlu melakukan beberapa pencegahan dini biar kamu gak terserang kanker dimana salah satunya adalah mengetahui faktor yang meningkatkan risiko kamu terkena kanker itu sendiri.

Pada tahun 2015, diperkirakan 9 juta orang meninggal karena kanker. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat menjadi 11,4 juta orang pada tahun 2030.

Faktor yang meningkatkan risiko kamu terkena kanker itu beragam dan berada di sekitar contohnya rokok, hormon, makanan, dan radiasi.

Rokok

Rokok adalah salah satu contoh karsinogen yang mengandung lebih dari 4000 senyawa kimia penyebab berbagai macam kanker seperti nikotin, ammonia, methanol, karbon monoksida, methanol, arsenic, asam asetat, butan, cadmium, asam strearat, toluene, dan heksamin.

Hormon

Kadar Hormon di tubuh kamu merupakan salah satu faktor yang meningkatkan resiko terserang kanker seperti kanker payudara, endometrium, ovarium, prostat, tirois, testis, dan kanker tulang.

Hormon estrogen yang tinggi adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan resiko terserang kanker payudara. Tingginya kadar hormon estrogen dalam tubuh kamu bisa dipengaruhi oleh usia menars yaitu usia saat kamu menstruasi pertama kali, usia menopouse, hamil di atas usia 30 tahun, dan memakai KB hormonal.

Makanan

Nah...faktor faktor yang meningkatkan risiko kamu terkena kanker selanjutnya bisa berasal dari makanan yang kamu konsumsi. Kalau kamu suka mengonsumsi makanan yang diasap dan diasamkan dalam bentuk acar, kamu perlu waspada nih karena makanan tersebut bisa meningkatkan resiko terserang kanker lambung.

Penelitian National Cancer Institute menunjukkan kalau daging yang dimasuk dengan temperatur tinggi contohnya digoreng juga bisa meningkatkan resiko terserang kanker lambung.

Mengonsumsi makanan berlemak lalu gak diimbangi dengan mengonsumsi makanan berserat juga bisa meningkatkan resiko terserang kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Jadi, mulai sekarang biasakan yuk mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang buat menjaga kesehatan Healthy people.

Radiasi

Kalau kamu selalu beraktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, maka kamu perlu waspada nih karena radiasi juga bisa meningkatkan risiko kamu terkena kanker.

Radiasi bisa berupa radiasi non-pengion contohnya sinar Ultraviolet (UV) dari matahari dan radiasi pengion yang berasal dari alat-alat radiasi contohnya CT scan, rontgen, dan radioterapeutik yaitu radiasi untuk terapi kanker.




 

Sumber : Health First Vol 7 Juli-September 2009 hal 6 - 9

 

Kembali ke Atas