Waspada! Ini Fakta tentang Penyakit Difteri

kamus penyakit
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Senin, 11 Desember 2017

Berita mengenai wabah/kejadian luar biasa (KLB) difteri merebak beberapa hari terakhir. Kamu harus tahu nih kalau difteri ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae. Penyakit difteri ini sangat menular dan dapat menyebabkan kematian karena dapat menimbulkan gangguan saraf hingga gagal jantung.

Gejala awal timbulnya penyakit difteri mirip flu tapi biasanya penderita mengeluhkan demam, sakit kepala, nyeri tenggorokan hingga nyeri menelan. Perbedaan difteri dan flu adalah suara kamu serak dan ditemukannya selaput putih tebal yg menempel bisa di dinding mulut bagian atas, amandel serta tenggorokan kamu. Selaput inilah yang menyebabkan kamu bisa mengalami kesulitan bernapas. Jadi kalau kamu, adik kamu atau anggota keluarga lain yang mengalami gejala seperti yang disebutkan tadi, segera langsung cek ke dokter ya.

Meski mematikan, penyakit difteri ini sebenarnya bisa dicegah loh. Dengan pemberian imunisasi yang lengkap, kamu bisa terhindar atau setidaknya jika kamu terinfeksi gejala yg timbul pada badan kamu tidak akan sampai parah.  Buat kamu yg punya adik atau anak dibawah umur 1 tahun bisa mengikuti program imunisasi dasar DPT selama 3x pada usia 2,3,4 bulan. Serta 2x pengulangan hingga usia 5 tahun.

Gimana nih buat kamu, teman kamu, atau saudara kamu yang udah dewasa? Ternyata vaksin ini juga bisa diberikan diatas usia 18 tahun loh. Pemberiannya dilakukan per 10 tahun. Selain itu pencegahan yg paling mudah bisa kita lakukan yaitu dengan rajin mencuci tangan pakai sabun serta menutup mulut/memakai masker jika kita sedang batuk/bersin. Yuk kita bantu lingkungan kita supaya bisa terhindar dari penyakit Difteri! 

 

 

 

 

 


https://www.facebook.com/Ikatan-Dokter-Anak-Indonesia-1608972579344722/

Kembali ke Atas