Waspada Penyakit Ini Selama Banjir

lifestyle
Oleh Tim HaiDokter - Senin, 27 Februari 2017

Banjir selalu identik dengan sampai sampai dengan bangkai binatang yang punya risiko besar menularkan banyak penyakit. Penyakit yang seringkali melanda antara lain:

  1. Demam Berdarah

Genangan air adalah tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah. Usahakan untuk membersihkan tempat-tempat yang berpotensi terjadi genangan dan menutup wadah atau ember saat banjir sudah mulai surut.

  1. Diare

Banyak sumber air bersih tercemar oleh bakteri dan limbah saat banjir melanda. Sehingga, mengkonsumsi air yang tercemar bisa menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan kamu dan mengakibatkan penyakit seperti diare, muntaber, dan tifus.

  1. Infeksi Pernafasan Akut (ISPA)

Virus dan bakteri mulai banyak berkembang lewat air yang tercemar limbah. Gelaja awal ISPA ditandai dengan batuk dan pilek lalu demam. Selain itu juga sesak nafas dan nyeri pada dada untuk pengidap ISPA berat.

  1. Infeksi Kulit

Infeksi kulit biasanya ditandai dengan gatal-gatal, kulit seperti terbakar, dan timbul bintil seperti jerawat. Biasanya hal ini diakibatkan oleh bakteri pseudomonas yang menginfeksi manusia lewat parasit pada hewan.

  1. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi bakteri ini. Bakteri leptospira bisa masuk lewat mata, hidung, mulut, atau luka terbuka pada kulit.

 

Tetap jaga kesehatan dan keselamatan selama banjir ya, HealthyPeople!

Kembali ke Atas