Waspadai, Tanda Alergi Pada Anak

kamus penyakit
Oleh Tim HaiDokter - Kamis, 20 April 2017

Healthy People, alergi adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh kita bereaksi terhadap sesuatu yang dianggap benda asing dan berbahaya, padahal sebenarnya adalah hal normal bagi orang yang tidak alergi.  Berdasarkan data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika, menunjukan tingkat prevalensi alergi anak yang berbeda-beda, anak dengan usia yang lebih kecil lebih banyak mengalami alergi pada kulit, sedangkan anak yang usia nya lebih tua lebih banyak mengalami alergi pada saluran pernafasan. 

Apakah anakmu sering mengeluh kalau mulut dan tenggorokan nya terasa gatal? Apakah Ia sering menggaruk telinga? Anak juga mungkin mengalami alergi bila hidung terlihat kemerahan, gatal dan berlendir, atau mata yang sembab selama lebih dari satu atau 2 minggu.
Alergi bisa mengganggu anak  dalam beraktifitas lho. Yuk kita kenali tanda-tanda alergi pada anak : 

Alergi pada Kulit 
Periksalah kulit anak, apakah kulitnya seringkali dan berulang kali terlihat kering, merah, dan bersisik yang gatal. 
    
Alergi pada Sistem Pernafasan
Selain batuk dan pilek yang berulang, perhatikan juga nafas anak. Nafas anak yang terlalu cepat atau pendek - pendek, terdengar suara “ngiik” saat menghembuskan nafas atau menciut-ciut pada nafas anak. Perhatikan juga Ia saat bermain, apakah lebih mudah lelah dari anak lainnya, bisa jadi ini salah satu tanda anak mengalami alergi.  

Permasalahan pada Perut
Jika anakmu sering mengeluh tentang perut yang keram, atau sering terserang diare, hal ini bisa jadi tanda sebuah alergi. Tanda lainnya termasuk sakit kepala.
 
Perubahan tingkah laku
Anak yang mengalami alergi, bisa berpengaruh pada tingkah lakunya. Misalnya jadi pemarah dan gelisah saat gejala alergi pada kulit, pernapasan, atau perutnya muncul.

Nah, jika kamu menemukan hal-hal tadi pada anak kamu, periksakan ke dokter spesialis anak agar dapat ditangani lebih lanjut ya, Healthy people!

Kembali ke Atas