WOW! Menghitung Sperma Bisa Pakai Smartphone

teknologi
Oleh Tim HaiDokter - Senin, 19 Desember 2016

Kemajuan teknologi kini mulai merambah ke dalam kesehatan reporduksi. Sebuah perusahaan di Jepang berhasil mengembangkan perangkat penghitung sel sperma. Perangkat ini dinamai Seem yaitu suatu peralatan yang terdiri dari lensa mikroskop yang bisa secara oas ditempelkan  di kamera handphone dan sebuah gelas penampung.

Cara kerja Seem adalah dengan menganalisis rekaman video cairan sperma yang diletakkan di lensa mikroskop dan tersambung pada handphone. Lalu aplikasi tersebut menganalisis pergerakan sperma, termasuk menghitung mobilitas serta konsentrasi sel-sel sperma. Hasilnya bisa diketahui dalam waktu 1-2 menit. Bahkan analisa yang disampaikan dalam bentuk grafik, sehingga orang bisa menguji jumlah spermanya sendiri dan dibandingkan dengan data rata-rata jumlah sperma sehat yang dipatok oleh WHO.

Penemuan ini didorong oleh rendahnya jumlah kelahiran di negara Jepang. Rendahnya jumlah kelahiran ini membuat Jepang mempunyai populasi menua dan banyak pasangan di sana lebih suka punya bayi di usia agak tua sehingga prevalensi masalah kesuburan jadi sangat tinggi sekarang. Alat tes sperma ini dibandrol dengan harga 50 dolar Australia atau sekitar Rp. 500.000. Apakah kamu tertarik mencoba, HealthyPeople?

Kembali ke Atas