Yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Berhenti Merokok Sejak 20 Menit Pertama

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 7 November 2017

Healthy people yang masih punya kebiasaan merokok sampai sekarang, coba deh kamu pikir kembali. Saat kamu merokok, kamu bukan hanya membahayakan kesehatan kamu tapi juga orang-orang di sekitar kamu yang menghirup asap rokok. Pernah gak sih kamu berpikir untuk berpikir merokok? Saat kamu memutuskan untuk berhenti merokok, ada banyak banget nih manfaat dampak positif pada kesehatan kamu bahkan 20 menit setelah kamu memutuskan untuk berhenti merokok. Kalau kamu bisa mendapatkan manfaat berhenti merokok kurang dari satu jam, coba pikir deh manfaat sebesar apa yang bisa kamu dapat saat kamu memutuskan merokok selama 10 tahun.

20 Menit

Dalam kurun waktu kurang dari satu jam saat kamu berhenti merokok, tubuh kamu pun bisa membaik. Denyut nadi dan tekanan darah kamu kembali normal. Selain itu, suhu tubuh kamu pun kembali normal.

8 Jam

Saat kamu merokok, kamu menghirup nikotin dan karbonmonoksida dan bercampur dengan darah kamu. Karbonmonoksida bisa akan mencegah oksigen dibawa darah ke otot dan otak kamu, hal ini tentu saja akan menyebabkan otot dan otak kekurangan oksigen serta mengalami kerusakan. 8 jam setelah kamu berhenti merokok, kadar karbonmonoksida dalam darah kamu pun turun sehingga kadar oksigen kamu pun kembali normal.

12 Jam

12 jam pertama setelah kamu berhenti merokok, organ hati kamu bisa bekerja secara normal tanpa harus bersusah payah untuk mengirim oksigen ke otak kamu.

24 Jam

Sehari setelah kamu berhenti merokok, kamu mempunyai resiko dua kali lebih kecil untuk terserang serangan jantung.

48 Jam

Dalam waktu 2 hari, indra penciuman kamu bisa kembali normal lagi loh Healthy people. Kamu bisa deh mencium aroma makanan yang lezat. Paru-paru kamu pun bisa bekerja untuk membersihkan sisa-sisa nikotin yang menempel sehingga kamu bisa terbebas dari nikotin.

Dalam waktu ini, kamu mungkin merasakan gejala seperti cemas, pusing, mudah lapar, mudah lelah, bosan, dan depresi karena gak merokok. Tapi, kamu harus ingat kalau kesehatan kamu adalah prioritas utama, jadi jangan pernah merokok lagi.

3 Hari

Masuk hari ke-3, paru-paru kamu jauh lebih baik sehingga kamu bisa menghirup oksigen lebih baik.

2 Minggu – 3 Bulan

Kalau kamu bisa berhenti merokok dalam kurun waktu 2 minggu – 3 bulan, kamu udah melakukan langkah yang besar untuk kesehatan kamu. Paru-paru kamu jauh lebih bersih dari sebelumnya, aliran darah lancar menuju otak, dan resiko terserang penyakit jantung pun menurun drastis.

3 – 9  Bulan

Di tahap ini, paru-paru kamu jauh lebih bersih dan kamu gak mudah terserang pilek dan penyakit serius lainnya. Selain itu, kamu pun lebih bersemangat saat melakukan aktivitas.

1 Tahun

Wow.......kamu bisa berhenti merokok setahun maka resiko terserang penyakit jantung pun menurun drastis dari tahun sebelumnya.

5 Tahun

Resiko terserang stroke dan kanker serviks menurun drastis, bahkan resikonya sama kecilnya dengan mereka yang gak merokok.

10 Tahun

Wow....saat kamu berhenti merokok selama 10 tahun, kesehatan kamu jauh lebih baik. Kamu gak mungkin terserang kanker laring dan kanker paru-paru.

15 Tahun

Selamat....kesehatan kamu hampir sama dengan mereka yang gak merokok. Tubuh kamu pun jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Awalnya mungkin sulit untuk berhenti merokok. Tapi, kamu harus ingat kalau kesehatan kamu adalah prioritas utama. Kamu bisa nih melakukan beberapa aktivitas alternatif seperti mengunyah permen karet sehingga kamu gak merokok lagi.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : www.webmd.com

Kembali ke Atas